Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » 128 Sekolah Ikut Jambore UKS Tingkat Kota Tanjungpinang

128 Sekolah Ikut Jambore UKS Tingkat Kota Tanjungpinang

128 Sekolah Ikut Jambore UKS Tingkat Kota Tanjungpinang
Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Memberikan Kata Sambutan Sekaligus Membuka Acara Jambore UKS.

Tanjungpinang, Sidaknews.com – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu sarana peningkatan kesehatan di lingkungan sekolah sudah semestinya bukan hanya sebagian syarat pelengkap di sekolah. Kegiatan yang dilakukan harus bisa memotivasi dan mendorong para siswa sebagai kader UKS yang lebih berkualitas.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi generasi muda di sekolah, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menggelar Jambore UKS tingkat Kota Tanjungpinang yang diikuti sebanyak 128 sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SLTP/MTS, serta SLTA/MA.

Jambore UKS dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Selasa (26/8), di Gedung Aisyah Sulaiman. UKS sendiri, menurut Lis, bisa dijalankan dengan baik bila ada kemitraan yang baik pula antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

“Sekolah juga harus bisa mengatur manajemennya agar UKS bisa menjadi leading sector dalam pemanfaatan UKS secara optimal dan menciptakan pola hidup bersih dan sehat. Khususnya di lingkungan sekolah.” Kata Lis.

Lebih lanjut diungkapkan Lis, bersih belum tentu sehat, tapi sehat sudah pasti bersih. “Jika perilaku hidup bersih dan sehat sudah ditanamkan disekolah, maka anak pun akan membawa kebiasaannya saat berada di rumah.” Katanya.

128 Sekolah Ikut Jambore UKS Tingkat Kota Tanjungpinang
Walikota Foto Bersama Dengan Para Peserta Pelajar Jambore UKS.

Rustam, SKM selaku KepalanDinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mengatakan, Jambore UKS ini juga untuk membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas dengan menanamkan nilai-nilai kebersihan sesuai dengan semboyan “Sehat berawal dari Saya” di kalangan anak didik.

Jambore UKS ini juga memperlombakan beberapa pertandingan, yaitu lomba dokter kecil, lomba poster tentang kesehatan, lomba daur ulang, serta lomba cerdas cermat. Total peserta yang mengikuti lomba, dikatakan Rustam, sebanyak 289 peserta.

Mengingat pentingnya penyelenggaraan UKS ini, Lis kembali menegaskan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang agar ada kerjasama yang sinergis dalam mengoptimalkan UKS di setiap sekolah.

“Saya tidak mau lagi UKS hanya sebagai syarat saja. Pendidikan dan keswhatan adalah 2 hal yang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas.” Ujar Lis. (Mela)

Check Also

Bupati Soekirman: Dengan Xpansi Kita Tunjukkan Kepedulian Pada Dunia Pendidikan dan Kelestarian Alam

*Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Xpansi, Sergai, sidaknews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *