Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » 1,53 Triliun APBD-P Natuna Disahkan

1,53 Triliun APBD-P Natuna Disahkan

bupati natuna ilyas sabli disaksikan pimpinan dprd natuna ketika menandatangani rancangan apbd-p 2013 pada rapat paripurna2Natuna,Sidaknews.com – Pada Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Natuna Tahun 2013 sempat ditunda beberapa akhirnya disahkan melalui sidang Paripurna DPRD Natuna, Kamis (21/11).

Pengesahan APBD-P 2013 sebesar Rp.1,53 triliun tersebut diselenggarakan di ruang rapat Gedung DPRD dipimpin Ketua DPRD Natuna, Hadi Candra didampingi dua wakilnya, Daeng Amhar dan Dwitra Gunawan serta dihadiri langsung Bupati Natuna, Ilyas Sabli dan beberapa kepala SKPD.

Semua fraksi secara prinsip menyetujui APBD-P tersebut ditetapkan dan sejumlah fraksi menyampaikan catatan penting kepada pihak eksekutif.

Pandangan akhir Fraksi Golkar Plus yang disampaikan oleh Hj Ngesti Yuni Suprapti sedikit menyorot sejumlah kegiatan pembangunan yang mesti dilanjutkan. Pemda diminta untuk dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari sektor pendidikan sebanyak 20% untuk digunakan sebaik-baiknya, juga meminta pemerintah (dispenda) untuk betul-betul bekerja secara profesional dalam menghitung estimasi pendapatan sehingga tidak terjadi perhitungan defisit.

Sebab hal itu sangat mengganggu kelancaran berjalannya roda pemerintahan yang berdampak terhambatnya kegiatan pembangunan dan ketidak lancaran kegiatan perekonomian rakyat.

“Besar harapan kami kepada pemerintah serta jajarannya untuk meningkatkan kualitas kinerja, mampu melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan di masing-masing sektor, sehingga nilai keberhasilan sebagai out-put dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Natuna,”Harap Ngesti

Sementara itu, Bupati Natuna Drs Ilyas Sabli dalam pemaparannya mengatakan, penetapan perubahan APBD Kabupaten Natuna TA 2013 menjadi Perda, merupakan hasil kesepakatan antara pihak legislatif dan eksekutif yang didalamnya mencakup tentang penyesuaian, pergeseran dan penambahan anggaran yang diperuntukkan bagi kepentingan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. Termasuk yang berkaitan dengan kepentingan ekonomi masyarakat dan pengembangan pembangunan di berbagai sektor.

Adapun rincian RAPBD Perubahan Kabupaten Natuna TA 2013 sebagai berikut, perubahan anggaran pendapatan pada Tahun anggaran 2013 sebesar Rp1,39 triliun yang semula dianggarakan pada APBD murni sebesar Rp1,47 triliun, yang perubahannya terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah pada APBD murni TA 2013 dianggarkan Rp28,03 miliar atau mengalami kenaikan sebesar Rp9,69 miliar yang bersumber dari lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Selanjutnya dana perimbangan yang semula dianggarkan sebesar Rp1,39 triliun menjadi Rp1,28 triliun atau berkurang sebesar Rp103,81 miliar yang disebabkan perubahan PMK dari bagi hasil pajak seperti PBB migas, biaya upah pungut dan bagi hasil minyak bumi dan gas bumi. Lain-lain pendapatan yang sah semula dianggarkan sebesar Rp53,76 miliiar menjadi Rp63,70 miliiar atau mengalami kenaikan sebesar Rp9,93 miliar yang bersumber dari dana penyesuaian otonomi khusus.

Dengan demikian total APBD-P Kabupaten Natuna Anggaran 2013 adalah sebesar RP1,53 triliiun dan estimasi perubahan adalah sebesar Rp101,62 miliar. (HK)

 

Check Also

Kapolda Sumut Arahkan Kapolres Tingkatkan Kewaspadaan dan Keamanan Kota Medan Pasca Ledakan Bom di Jakarta

Medan, sidaknews.com – Untuk menjaga kondusifitas kota Medan pasca ledakan Bom bunuh diri yang terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *