Home » Berita Foto » 2.408 Warga Karawang Ikut Ujian Kesetaraan Paket C

2.408 Warga Karawang Ikut Ujian Kesetaraan Paket C

 2.408 Warga Karawang Ikut Ujian Kesetaraan Paket C
Beberapa Warga Karawang Ikut Ujian Kesetaraan Paket C.

Karawang,Sidaknews.com – Sebanyak 2.408 warga Karawang mengikuti ujian nasional (unas) kejar paket C, Selasa (15/4) siang di empat lokasi berbeda di Karawang. Tempat pelaksanaan ujian kesetaraan itu dipusatkan di empat lokasi sekolah yaitu SMKN 2 Karawang, SMPN 3 Karawang, SMPN 5 Karawang dan SMPN 6 Karawang.

“SOP untuk UN kesetaraan paket C ini memang sama dengan UN sekolah formal,” ujar Kepala Bidang (Kabid) PNFI Disdikpora Karawang Drs. Amid Mulyana kepada sidaknews.com di SMKN 2 Karawang.

Menurut Amid, unas kejar Paket C dilaksanakan bersamaan, karena merupakan paket setara dengan unas SMA dan sederajat.

“Jadi tidak benar jika UN Paket C tidak setara ijazahnya. Ijazah mereka berlaku umum karena sesuai dengan aturan yang berlaku dan peserta ikuti ujian yang soalnya hampir setara dengan sekolah pada umumnya,” tegasnya.

Amid menambahkan, untuk mensukseskan proses ujian paket C ini pihaknya telah mensosialisasikannya kepada seluruh peserta melalui PKBM masing-masing sejak dua minggu sebelumnya. Dinas Pendidikan sendiri menurut dia telah berupaya maksimal agar semua peserta ikut hadir mengikuti ujian.

“Tapi ya inilah uniknya bidang non formal, banyak faktor yang menjadikan mereka tidak hadir ujian,” katanya.

Banyaknya kursi kosong yang tidak ditempati peserta Unas Paket C pada hari pertama menurut Amid akibat banyak faktor. Bahkan ada beberapa kasus misal saja ada suami istri yang bertengkar sebelum mengikuti ujian, sehingga pas hari H ujian mereka tidak ikut ujian. Selain itu ada pula peserta yang memang tidak diberikan ijin mengikuti ujian oleh perusahaan masing-masing.

“Tapi bagi mereka yang tidak ikut hari ini bisa menyusul ujian nanti pada tahap dua sekitar agustus,” ujar Amid.

Dalam pelaksanaan Ujian kesetaraan Paket C tahun 2014 ini, diketahui menggunakan 121 ruangan kelas. Dengan melibatkan tiga orang pengawas independen dan satu pengawas koordinator dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sedangkan untuk pengamanan, Disdikpora bekerjasama dengan Kepolisian Resort Karawang. Namun menurut Amid, pengamanan dari polisi hanya bersipat memantau bukan stenbay di lokasi ujian.

“Harapan kita tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, hasilnya seperti apa tergantung dari masing-masing peserta, kita hanya bisa membantu dengan doa,” pungkas Amid. (ega nugraha)

 

 

 

Check Also

Pasangan calon Walikota/wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. Syamsudin H. Amin MM dan Khairul Anwar SH MH.

Bila Terpilih, Paslon SAKA Akan Jalankan 5 Pilar Pembangunan

Langsa, sidaknews.com – Pasangan calon (paslon) Walikota dan wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>