Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » 2 Daerah Belajar Pelayanan Langsung ke Disduk Purwakarta

2 Daerah Belajar Pelayanan Langsung ke Disduk Purwakarta

Kunjungan kerja
Kadis Disdukcapil Purwakarta Ir.H.Agus Suherlan,M.M menerima Kunjungan kerja dari Kabupaten Nias Selatan Sumut dan Kabupaten Kuningan.Dok.Sidaknews.com

Purwakarta,Sidaknews.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Purwakarta Ir. H. Agus Suherlan, M.M., secara resmi menerima kunjungan kerja dari dua dinas kependudukan dan catatan sipil yang berbeda yaitu kabupaten Kuningan dan Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara. Rabu (12/3) di halaman Desa Ciherang, Kecamatan Pasawahan.

Kedatangan dua dinas dari kabupaten berbeda tersebut, untuk melihat secara langsung bagaimana Pemkab Purwakarta dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat terutama dalam administrasi kependudukan.

Dalam sambutannya, Agus Suherlan menjelaskan beberapa program yang tealah berjalan di Purwakarta, diantaranya adalah pelayanan kependudukan di Purwakarta, melalui program, Gempungan di buruan urang lembur.

“Kebijakan Bupati hari ini adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dari mulai kesehatan hingga administrasi kependudukan dan hal itu berjalan dengan baik bahkan masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun, sedangkan untuk masalah kependudukan sendiri disduk capil dari tahun 2010 terus mengoptimalkan pelayanan hal itu sesuai dengan misi bupati.

Yaitu memberikan pelayanan hingga tingkat pedesaan seperti pembuatan KTP.KK dan Akta lahir dan dilaksanakan secara gratis melalui program gempungan, selain pelayanan di kantor.”, ujarnya.

Selain menjelaskan program pemerintah daerah, Agus pun menjelaskan akan sistem kependudukan di Purwakarta, salah satunya adalah dalam melayani administrasi kependudukan.

“ dalam sistem yang dibangun oleh dinas kependudukan Purwakarta sendiri adalah dengan system online dimana kita bekerja sama dengan pihak provider dalam membangun akses, dan data tersebut terkumpul dalam satu system atau server dan semua bisa dilakukan langsung dari desa karena kita telah menempatkan operator disetiap desa dan kecamatan untuk melayani masyarakat.

Selain itu kami juga menyiapkan pelayanan keliling, dimana kita menempatkan operator melalui mobil – mobil pelayanan keliling, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik cepat dan dimana saja, bahkan kita dalam pelayanan akta kelahiran dengan target satu hari selesai, sesuai dengan perintah langsung dari Bupati.” Pungkasnya.

Sedangkan menurut pimpinan rombongan dari Disdukcapil Pemkab Kuningan, yang juga Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kuningan, Drs. H. KMS. Zulkifli, M.Si, menjelaskan tujuan kedatangannya, untuk secara langsung melihat bagaimana Pemkab Purwakarta melayani masyarakat secara langsung, terlebih menurutnya di Kuningan belum menggunakan pola seperti ini.

“ Kedatangan kami adalah untuk belajar banyak bagaimana sistem pelayanan kependudukan bagi masyarakat, selain itu kami mengetahui bahwa Dinas Kependudukan Purwakarta berhasil mendapatkan prediakat ISO 9001 dan 27001 dalam pelayanan, sehingga kami ingin belajar banyak bagaimana meningkatkan eksistensi aparatur dalam melayani masyarakat.

Saya sangat apresiasi karena pemkab Purwakarta melakukan jemput bola dan kedepan Kuningan mungkin bisa menggunakan pola seperti ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”, ungkapnya.

hal itu juga, diakui oleh Kabid Kependudukan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Nias Selatan, Denira Gulo Propinsi Sumatera Utara, menurutnya pola ini sangat baik, sehingga bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“pelayanannya sangat cepat bahkan tidak dipungut biaya sepeserpun dan mungkin kita juga akan mengusahakan pelayanan seperti ini di Nias, sehingga administrasi kependudukan di Nias bisa lebih cepat.”, tuturnya. (ega nugraha)

Check Also

Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi diterima Pj Walikota H Zulkarnain bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung dan Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari Hasibuan.

Kunjungan KPK RI Saut Situmorang Ke Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>