Home » Berita Foto » 2015 Karawang Bebas Buta Aksara

2015 Karawang Bebas Buta Aksara

Diknas
Melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang, menjadi salah satu Program Pemkab Karawang di 2014 bertekad untuk menjadikan kabupaten Karawang bebas Buta Aksara (llliteracy) di 2015.

Karawang.sidaknews.com– Pemerintah Kabupaten Karawang Jawa Barat optimis hingga tahun 2015, semua warganya akan terbebas dari buta aksara (Illiteracy). Meski diketahui saat ini, Kabupaten Karawang masuk dalam lima besar se-Jabar daerah terbanyak warganya yang buta aksara.

Kabid Pendidikan Formal Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang, Amid Mulyana mengatakan, rasa optimis bisa menuntaskan permasalahan buta aksara itu sangat mendasar.

Menurut dia, sudah menjadi salah satu program Pemkab Karawang di 2014 yang bertekad untuk menjadikan Kabupaten Karawang bebas buta aksara di 2015.

“Ada beberapa tahapan yang kini tengah dilakukan untuk menuju Karawang bebas buta aksara 2015. Sebelum melangkah ke konsep penuntasan buta aksara itu, langkah pertama yang kami lakukan adalah melakukan pendataan ulang terkait angka buta aksara di Karawang,” ujar Amid, yang ditemui sidaknews.com di ruang kerjanya, Jumat (14/2) kemarin.

Pendatan ulang itu, kata Amid, harus dilakukan lantaran saat ini terjadi perbedaan yang sangat besar antara data buta aksara di BPS dengan hasil pendataan Disdikpora Karawang.

Berdasarkan versi BPS, angka buta aksara di Karawang mencapai 117 ribu orang. “Tapi jumlah itu berbeda dengan data hasil dari para penilik kami di sini. Jumlahnya berbeda lebih besar data BPS 50 persen,” jelas Amid.

Dengan verifikasi ulang, terang Amid, pihaknya bisa mengetahui secara jelas dan nyata terkait angka buta aksara juga keberadaan penyandangnya. “Jika sudah diperoleh data nyata berikut nama dan alamatnya, kami bisa dengan mudah melakukan upaya penuntasan itu.

Langkah selanjutnya setelah pendataan ulang, adalah menyebar para penilik ke objek yang dimaksud,” kata Amid.(ega nugraha)

Check Also

kepala badan Baitul Mal Kota Langsa, Alamsyah Abubakardin (pakai peci hitam) mengecek rumah bantuan pimpinan dayah Darul Huda yang sedang dikerjakan.

Baitul Mal Bangun Rumah Pimpinan Dayah Darul Huda

Langsa, sidaknews.com – Tgk Muhammad Nasir selaku pimpinan dayah Darul Huda cabang Abu Ali atau …

2 comments

  1. di Karawang masih ada banyak buta huruf (BH) khususnya daerah2 pesisian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>