Home » Berita Foto » 233 Sekolah di Karawang Sudah Terakreditasi

233 Sekolah di Karawang Sudah Terakreditasi

tahun 2015 sekolah yang akan diakreditasi mencapai 486 sekolah yang terdiri dari 429 tingkat SD, 40 tingkat SMP, 5 tingkat SMA dan 12 tingkat SMK dan semua sekolah yang akan diakreditasi tidak dipungut biaya alais gratis.
Tahun 2015 sekolah yang akan diakreditasi mencapai 486 sekolah yang terdiri dari 429 tingkat SD, 40 tingkat SMP, 5 tingkat SMA dan 12 tingkat SMK dan semua sekolah yang akan diakreditasi tidak dipungut biaya alais gratis.

KARAWANG,sidaknews.com – Menurut Ketua Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah Kabupaten Karawang, H. Endi Rohendi, M.Si., pada tahun 2014, sebanyak 233 sekolah sudah terakreditasi oleh timnya.

233 sekolah tersebut terdiri dari 189 tingkat SD, 28 tingkat SMP, 10 tingkat SMA dan 6 tingkat SMK. Sedangkan yang diusulkan oleh timnya.

Untuk tahun 2015 sekolah yang akan diakreditasi mencapai 486 sekolah yang terdiri dari 429 tingkat SD, 40 tingkat SMP, 5 tingkat SMA dan 12 tingkat SMK dan semua sekolah yang akan diakreditasi tidak dipungut biaya alais gratis.

“Untuk akreditasi tidak dikenakan biaya karena ada yang menggunakan anggaran dari APBN, APBD provinsi dan APBD kabupaten,” ucapnya Senin (26/1).

Menurut H. Endi, upaya peningkatan kualitas pendidikan secara nasional merupakan salah satu agenda yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Upaya ini diarahkan agar setiap lembaga pendidikan selalu berupaya untuk memberikan jaminan kualitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan atau masyarakat, yakni suatu jaminan bahwa penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi dan sesuai pula dengan harapan mereka.

Lebih lanjut H. Endi mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah mengeluarkan Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah.

“Dalam keputusan tersebut dengan tegas menunjuk seluruh sekolah agar diakreditasi, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, akreditasi sekolah bertujuan untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah / madrasah atau program yang dilaksanakan berdasarkan standar nasional pendidikan, memberikan pengakuan peringkat penilaian dan memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.

“Dengan begitu, masyarakat akan nyaman menyekolahkan anaknya ke sekolah yang sudah terakreditasi karena sekolah tersebut sudah mendapat pengakuan dari pemerintah,” katanya.

Saat disinggung adanya oknum yang bisa mengakali level akreditasi sekolah dengan adanya imbalan dana tertentu, H. Endi menampiknya. Pasalnya, dalam proses akreditasi sekolah ada tiga aspek yang harus dipenuhi oleh sekolah bersangkutan, yakni adanya evaluasi diri sekolah, visitasi assesor atau kunjungan tim penilai dan rapat pleno di Bandung untuk memutuskan hasil akreditasi sekolah.

“Pada rapat pleno lah saya ikut memutuskan apakah sekolah tersebut dapat nilai A, B atau C dan saya tahu bagaimana kondisi sekolah yang ada di Karawang” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia berharap kepada pihak sekolah atau masyarakat untuk tidak mempercayai adanya oknum yang mengiming-ngimingi level akreditasi sekolah dengan syarat imbalan dana tertentu, karena dipastikan hal itu tidak benar.
“Kalau ada oknum seperti itu, segera laporkan ke saya,” ungkapnya.(karla)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>