Minggu , 26 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » 34 Gampong di Bireuen Ikut Sosialisasi UU Desa dan Peradilan Adat

34 Gampong di Bireuen Ikut Sosialisasi UU Desa dan Peradilan Adat

Wakil Bupati Bireuen Ir. Mukhtar Abda, M.Si Bersalaman Dengan Peserta Sosialisasi UU Desa dan Peradilan Adat di Bireuen (Foto, TARMIZI A. GANI)
Wakil Bupati Bireuen Ir. Mukhtar Abda, M.Si Bersalaman Dengan Peserta Sosialisasi UU Desa dan Peradilan Adat di Bireuen (Foto, TARMIZI A. GANI)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Tiga puluh empat (34) Gampong (Desa-red) di 17 kecamatan dalam 17 kemukiman di Bireuen Ikut Sosialisasi UU Desa dan Peradilan Adat, kegiatan ini di laksanakan oleh pemkab Bireuen bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong, bertempat di gedung aula lama setdakab Bireuen, Kamis 20/11/2014.

Kabag Pemerintahan Mukim dan Gampong Setdakab Bireuen, Drs Suryadi, kepada media ini menjelaskan, sosialisasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Gampong dan Peradilan Adat Gampong dilaksanakan pihaknya bekerjasama dengan para Dosen Fakultas Hukum Unimal Lhokseumawe.

Sebagai pemateri Otonomi Gampong diberikan Dr Mukhlis, SH, MH dan UU No 6 2014 tentang Desa diberikan Elidar Sari,SH, MH. Sedangkan pemateri Peradilan Adat disampaikan DR Sulaiman, SH, M.Hum dan Jumadiah, SH, MH.

Sosialisi tersebut diikuti 150 peserta terdiri dari 17 Imum Mukim, 34 Geuchiek Gampong (Kepala Desa -red), Tuha Peueut (perangkat Desa-red) dan Imum Meunasah dari 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

“Wakil Bupati Bireuen, Ir Mukhtar Abda MSi, membuka dengan resmi acara sosialisasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 dan Peradilan Adat Gampong yang diselenggarakan Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong di Auda Lama Setdakab Bireuen tersebut pada, Kamis (20/11/2014)”

Dalam sambutannya wakil Bupati Bireuen antara lain menuturkan, UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (Gampong-red) merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat Desa itu sendiri.

Pemerintahi berharap kepada seluruh peserta Aparatur Gampong, untuk mengikuti acara sosialisasi ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat gampong, tegas Mukhtar Abda Wakil Bupati Bireuen.

Sudah menjadi kebiasaan sejak turun-temurun, jika ada masaalah di Gampong (Desa-red) akan di selesaikan secara adat, kecuali jika tidak ada titik temu baru kemudian di bawa ke tingkat yang lebih tinggi, seperti kecamatan dan Kabupaten, semoga kepemimpinan Gampong semakin lebih baik kedepa, tambah Mukhtar,

Tampak juga Asisten I Setdakab Bireuen Drs. Murdani ikut tampak hadiri pada sosialisasi tersebut.(Tarmizi/Hasbi)

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Ir H. Yusri Yusuf atau lebih dikenal dengan Yusri Melon mengunjungi dan menyalurkan bantuan sembako kepada  korban angin kencang yang menimpa beberapa rumah di Desa Deah Pangwa Dusun Bale Ara Kecamatan Trienggadeng, Sabtu sore (25/3/2017).

Yusri Melon Kunjungi Korban Angin Puting Beliung 

Pidie Jaya, sidaknews.com – Ir H. Yusri Yusuf aatau lebih dikenal dengan Yusri Melon mengunjungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>