Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » 4 Kg Sabu dan 2 Kg Ganja Dimusnahkan Polres Tanjungpinang

4 Kg Sabu dan 2 Kg Ganja Dimusnahkan Polres Tanjungpinang

Keterangan Foto: Pemusnahan barang bukti
Keterangan Foto: Pemusnahan barang bukti jenis Sabu dan Ganja di halaman Polres Tanjungpinang.Kamis (12/02)

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Barang bukti hasil kejahatan berupa empat kilogram narkotika jenis sabu dan dua kilogram narkotika jenis ganja dimusnahkan Polres Tanjungpinang.

Pemusnahan yang dipimpin langsung Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana ini dilaksanakan di halaman Markas Polres Tanjungpinang, Kamis (12/2).

Barang bukti narkotika tersebut hasil tangkapan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang dan pihak Bea Cukai Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Pantauan di lapangan, pemusnahan sabu dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam sebuah ember yang berisi air panas. Selanjutnya diaduk hingga larut, kemudian dibuang ke saluran septi tank.

Sementara, barang bukti ganja “dibinasakan” dengan cara dibakar dalam sebuah kaleng yang sebelumnya telah disiram dengan minyak bensin.

Selain Kapolres, dalam pelaksanaan pemusnahan juga dihadiri Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Hilman Wijaya, Kepala (BNN) Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, Kasi Pengawasan dan Penindakan Bea Cukai Tanjungpinang, Febra serta perwakilan dari Kejari Tanjungpinang dan Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

Dikatakan Dwita, sebelum dimusnahkan, seluruh barang bukti sebelumnya telah ditimbang di kantor Pegadaian dan dilakukan tes di laboratorium forensik (Labfor) Medan.

”Setelah kami lakukan penimbangan di pegadaian dan pemeriksaan di labfor Medan, baru barang bukti kita musnahkan,” ujar Dwita di sela-sela pemusnahan.

Pemusnahan, lanjut Dwita, dilakukan berdasarkan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI dan UU nomor 35 tahun 2009 tentang tindak pidana narkotika.

“Dan juga setelah keluarnya surat ketetapan barang sitaan dari kejaksaan,” kata Kapolres.

Selain sejumlah pejabat aparat penegak hukum terkait, pemusnahan barang haram ini juga dihadiri dua tersangka yang mengaku cuma sebagai kurir yakni Edi Hermawan dan Riqi Susanto.

Barang bukti sabu yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil tangkapan Bea Cukai pada, Senin, tanggal 22 Desember 2014 lalu.

Pelaku beserta barang bukti diamankan, setelah terdeteksi mesin X-Ray saat pemeriksaan penumpang di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Barang bukti tersebut disimpan di dalam kaleng roti yang dibawa oleh tersangka Edi Hermawan. Sedangkan sabu tersebut jika diuangkan bernilai sekitar Rp 7,4 miliar.

Sementara barang bukti ganja diamankan Satnarkoba Polres Tanjungpinang pada, Minggu (18/1) dengan tersangka Riqi Susanto.

Dari keterangan tersangka,rencananya ganja itu akan diselundupkan ke Lapas Kilometer 18 Kijang, Tanjungpinang di Bintan.(Rindu Sianipar)

 

 

 

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>