Home » Berita Foto » 4944 Orang Akan Ikuti Ujian Persamaan di Karawang

4944 Orang Akan Ikuti Ujian Persamaan di Karawang

Ka
Drs.Amid Mulyana Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan Karawang.Dok.Sidaknews.com

Karawang,Sidaknews.com – Sebanyak 4944 warga Karawang akan mengikuti ujian persamaan paket bersamaan dengan Ujian Naional (UN) tahun ini. Yang membedakan hanya jam ujian, dimana ujian persamaan ini akan dilaksanakan pada siang hari setelah ujian nasional biasanya.

Dari total calon peserta ujian akhir persamaan tersebut, terbagi kedalam tiga paket yakni paket A untuk ujian tingkat sekolah dasar, paket B setingkat SMP dan paket C tingkat SMA.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non formal dan Informal Dinas Pendidikan Karawang Drs.Amid Mulyana mengatakan, pelaksanaan ujian peserta paket A dan B akan dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) masing-masing dari total 70 PKBM yang ada.

Sedangkan untuk ujian paket c akan dipusatkan di Kabupaten Karawang dengan menggunakan ruangan kelas beberapa sekolah.

Adapun rincian calon peserta ujian persamaan itu terdiri dari 510 orang peserta ujian paket a, 2026 orang peserta ujian paket b, sedangkan terbanyak adalah peserta ujian dari jalur paket c yaitu sebanyak 2408 orang.

“Untuk ujian paket c akan dilaksanakan di SMKN 2, SMPN 3, SMPN 5, dan SMPN 6 Karawang,” kata Amid

Sementara untuk pengawas ujian nanti, Dinas Pendidikan Karawang akan menggunakan SDM yang ada sesuai tingkatan ujian. “Kalau paket C, yang ngawasnya guru setingkat SMA yang ada di Karawang,” imbuhnya.

Amid menegaskan, peserta ujian persamaan ini tidak semata-mata dapat mengikuti ujian begitu saja. Sebelumnya peserta ini belajar rutin di PKBM masing-masing yang dibagi kedalam dua kelompok yaitu regular yakni belajar dari senin-jumat dan non regular hanya sabtu dan minggu.

“Nilai akhir nanti akan digabungkan dengan nilai raport, dan ujian sekolah. Jadi peserta ini tidak semata-mata hanya mengikuti ujian akhir saja, mereka semua menempuh proses pembelajaran dan ujian sekolah,” tegasnya.

Disinggung terkait biaya ujian akhir ini, Amid menegaskan bahwa peserta tidak dipungut biaya sepeserpun. Baik untuk biaya ujian ataupun biaya untuk menebus ijazah nanti. “Mudah-mudahan dengan program ini, kedepan tidak ada lagi masyarakat Karawang yang tidak mempunyai ijazah,” pungkasnya (Ega nugraha)

Check Also

Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno,MM tengah menerima hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/1). 

Tingkatkan Pelayanan Publik, Sergai Targetkan Zona Hijau Tahun 2017

Sergai, sidaknews.com – Dewasa ini pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>