Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » 6 Ketua Parpol terancam Gagal jadi wakil rakyat

6 Ketua Parpol terancam Gagal jadi wakil rakyat

 

Partai
Partai

Purwakarta,Sidaknews.com – Diperkirakan Enam dari Ketua Parpol (Partai Politik) di Kabupaten Purwakarta terancam gagal menjadi anggota DPRD Purwakarta, menyusul karena minimnya hasil perolehan suara para Ketua Partai tersebut dalam Pileg 9 April 2014 lalu.

Keenam Ketua Parpol tersebut tiga diantaranya berasal dari kalangan incumbent yakni Neng Supartini (PKB), Asep Abduloh (Hanura) dan Asep Amidin (PAN), sementara tiga lainnya adalah newcomer yakni PDIP (Acep Maman), PKPI dan PBB.

“Sejauh ini infonya begitu,” kata Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Purwakarta, Hikmat Ibnu Aril, Selasa (22/4).

Gagalnya para pimpinan Parpol ini melaju ke Gedung Putih diakibatkan minimnya perolehan suara Parpol mereka di Dapil masing-masing, sehingga Partai yang mereka pimpin tak cukup memperoleh suara untuk mendapatkan jatah kursi di Parlemen, salah satunya di PDIP

Penyebab lainnya salah satunya perolehan suara Caleg (Ketua Parpol,red) lebih kecil dibanding Caleg lain dalam Parpol yang sama, padahal suara Parpol hanya cukup untuk satu kursi, sehingga jatah kursi yang diperoleh Parpol akhirnya diambil alih oleh Caleg lain yang lebih dominan suaranya.

“Contoh kasus terjadi di Dapil II, Ketua PAN Asep Amidin tersingkir karena ada Caleg lain dari Partai yang sama suaranya lebih besar”ujar Aril.

Ketua DPC PDIP Purwakarta Acep Maman tidak membantah kabar tersebut, namun untuk memastikannya pihaknya masih menunggu hasil rekap akhir KPUD.

Walau demikian Acep mengaku secara umum perolehan suara PDIP di Pileg 2014 ini meningkat dibanding sebelumnya, awalnya prediksi jumlah kursi yang diperoleh mencapai 10 kursi atau naik enam kursi dibanding Pileg 2009.

“Saya hanya bisa memprediksi, jadi tunggu saja nanti sampai rekap KPUD selesai,” ucap Acep Maman.

Acep hanya tersenyum effect dari kenaikan perolehan kursi suara tersebut adanya “Dedi Mulyadi Effect”.

Karena sejak jauh hari, orang nomor satu di Purwakarta itu digadang-gadang haluannya berganti dari partai Golkar ke PDIP, sehingga banyak loyalis Dedi Mulyadi yang akhirnya mengalihkan suaranya ke Partai berlambang Banteng Moncong Putih ini.(Adi Tarigan)

Check Also

A.Aziz Dilantik Sebagai Sekda Aceh Utara Difinitif

Lhoksukon, sidaknews.com – Di Aula kantor Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe, Selasa (23/05/2017) sore dipenuhi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *