Rabu , 24 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Ada Ratusan Jenis Rotan Terdapat di Simeulue

Ada Ratusan Jenis Rotan Terdapat di Simeulue

Pemerintah Kabupaten Simeulue kembali Budidayakan (Foto, Dok, Ahdar)
Pemerintah Kabupaten Simeulue kembali Budidayakan (Foto, Dok, Ahdar)

SIMEULUE,SINABANG,Sidaknews.com – Ada seratusan jenis rotan terdapat di Pulau Simeulue, dan salah satu daerah penghasil rotan terbanyak di pulau Simeulue tersebut adalah di Simeulue Barat dengan varietas tetbaik yang disebut rotan Manau.

Demikian di sampaikan Kepala Balai Diklat Pertanian Saree, Drh. Ahdar, MP kepada penulis Jumat 19/12/2014, langsung dari Simeulu.

Ahdar yang sedang melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten tersebut sempat bertemu Anton, salah satu pengumpul rotan, Anton menyampaikan ia sangat menyayangkan tidak adanya peningkatan nilai tambah rotan di Simeulue.
Selama ini rotan disana dibawa ke Cirebon, Jawa Barat melalui Medan Sumatera Utara, tulis Ahdar.
Tidak ada pengolahan rotan menjadi mobel dan peralatan lainnya, padahal Balai Latihan Kerja yang terletak disamping gudang rotan milik Anton sudah tersedia, bahkan ruang pelatihannya juga memadai. “Mengapa tidak dilatih pemuda Simeulue untuk meningkatkan nilai tambah rotan” kata Anton saat ditemui Ahdar di Desa Lugu Simeulue Timur.Ahdar menambahkan, dari raut wajah Anton seakan penuh dengan harapan agar Pemerintah Kabupaten Simeulue dapat meningkatkan nilai tambah rotan yang kini mulai berkurang stoknya.

Pun demikian, pada tahun 2014 Dinas Kehutanan Simeulue telah membudidayakan kembali tanaman rotan di Simeulue Barat, Kepala Balai Diklat Pertanian Saree melihat tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue yang diimpin oleh Riswan.NS, adalah sebuah kerja yang cukup cerdas, buat generasi masa depan rakyat Simeulue. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Alamak…!, Menantu dan Mertua Ditangkap, Akibat Ketahuan Mencopet di Pasar Kodok Sidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Akibat terhimpit masalah ekonomi itulah salah satu alasan Landa sari,(48 ), warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *