Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Akhirnya Kejati Kepri Serahkan Fali Kartini Kepada Kejari Batam

Akhirnya Kejati Kepri Serahkan Fali Kartini Kepada Kejari Batam

-Terkait Kasus Korupsi Bank Riau Kepri Rp 1,2 Miliar

Tampak. Fali Kartini
Tampak. Fali Kartini (menutup muka) terkait kasus korupsi Bank Riau Kepri.

Tanjungpinang,sidaknews.com – Akhirnya pihak Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau menyerahkan Fali Kartini kepada Kajari Batam, tersangka korupsi Bank Riau sebesar Rp1,2 miliar dan barang barang bukti turut diserahkan.Pihak Kejati Kepri mengatakan penyidikan sudah dilaksanan, maka hal ini kita serahkan kejari Batam.

Yulianto mengutarakan, penyerahan (pelimpahan tahap II) tersebut dilakukan karena tempat kejadian perkara dalam kasus tersebut terjadi di wilayah Batam. “Tersangka dengan barang bukti, seluruhnya kita serahkan ke penyidik Kejari Batam,” kata Asisten Seksi Pidana Khusus (Aspidsus) Yulianto dalam siaran persnya di kantor Kejati Kepri, Senin (4/8).

“Pembentukan tim penyidik yang melakukan penuntutan dalam kasus ini semuanya kita serahkan ke pihak Kejari Batam,” ujarnya.

Yulianto memastikan, jika dalam waktu dekat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus tersebut akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Tanjungpinang untuk disidangkan.

Dikatakan, tersangka akan dikenakan pasal 2 jo pasal 3 jo pasal 9 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Korupsi jo pasal 55 KUHP. “Ada sekitar 14 saksi dalam kasus ini, termasuk dua saksi diantaranya berstatus terpidana,” papar Yulianto.

Pantauan di lapangan, dalam pelimpahan tahap II tersebut, usai diperiksa di salah satu ruangan penyidik, tersangka yang ditemani kuasa hukumnya Iwan Kurniwan beserta seorang kerabatnya langsung dibawa ke mobil yang terparkir di halaman kantor Kejati Kepri. Ia selanjutnya akan diboyong ke Batam.

Sekedar diketahui, setelah sempat buron selama dua tahun Fali Kartini akhirnya ditangkap di Jakarta oleh tim Kejati Kepri dan Kejaksaan Agung beberapa hari lalu.

Dalam kasus ini, Fali bertindak sebagai penerima kucuran dana senilai Rp 1,2 miliar dengan agunan sebuah rumah dan sebidang tanah yang nilainya hanya Rp 400 juta.

Akan tetapi, oleh mantan Wakil Direktur Bank Riau Kepri Khairuddin Menteng dan Subowo yang telah berstatus terpidana dalam kasus korupsi tersebut meloloskan pinjaman kredit dari Fali.

Kedua mantan pejabat di Bank Riau Kepri tersebut divonis hakim dengan hukuman selama satu tahun dan enam bulan penjara pada tahun 2012 lalu di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang.(DK)

 

 

 

Check Also

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus.

Polda Jabar Akan Mengusut Peyebar Berita HOAX Penculikan Anak

Bandung,sidaknews.com – Terkait penyebar berita bohong (hoax) tentang penculikan anak di media sosial (medsos) yang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>