Home » Berita Foto » Akibat Miliki Kebun Ganja, Ruslan Dituntut Lima Tahun

Akibat Miliki Kebun Ganja, Ruslan Dituntut Lima Tahun

Ilustrasi. Ladang Ganja
Ilustrasi. Ladang Ganja

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Dampak dan resiko terhadap barang haram sudah jelas kena sangsi dan hukuman, apalagi dengan memiliki kebun tanaman ganja semakin parah hukumannya. di ingatkan buat generasi mudah jangan sampai hal ini terjadi, ingat semua ini dapat merusak kehidupan kita.

Terbukti seperti yang dialami oleh oleh Ruslan pemilik tanaman Ganja, akhirnya terdakwa Ruslan Heryanto dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Oktoni Marpaung SH selama lima tahun penjara di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (16/4).

Selain dihukum penjara, terdakwa Ruslan juga didenda sebesar Rp1 miliar, subsider enam bulan kurungan.

Dalam tuntutannya, JPU Oktoni mengatakan, terdakwa Ruslan Heriyanto terbukti bersalah dan meyakinkan melawan hukum pidana.

“Terdakwa terbukti memiliki dan mengusai narkotika jenis tanaman ganja seberat 2,3 gram,” ucap JPU Oktoni dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Jariat Simarmata SH, yang didamping Hakim Anggota I, R. Aji Suryo SH dan Hakim Anggota II, Eryusman SH.

JPU mengatakan, perbuatan terdakwa Ruslan terbukti melanggar Pasal 111 ayat 1 tentang undang – undang narkotika. “Atas terbuktinya perbuatan terdakwa, kami menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Ruslan selama lima tahun penjara, denda Rp1 miliar subsider enam bulan penjara, dan perintah tetap ditahan serta dipotong selama terdakwa ditahan,” papar Oktoni.

Selain itu, kata Oktoni, barang bukti narkotika jenis tanaman ganja seberat 2,3 gram dirampas dan dimusnahkan.
Atas tuntutan tersebut, terdakwa Ruslan mengajukan pledoi atau pembelaan terhadap tuntutan yang dijatuhkan JPU Oktoni.

Usai mendengar tuntutan JPU dan keterangan terdakwa Ruslan, Ketua Majelis Hakim, Jariat Simarmata SH menunda sidang dan akan kembali digelar pada Kamis (24/4) pekan depan dengan agenda pembelaan dari terdakwa.(IK)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>