Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Akil Mochtar Resmi Tersangka Terkait Dua Kasus Pilkada

Akil Mochtar Resmi Tersangka Terkait Dua Kasus Pilkada

Uang bentu dollar pada penyuapan Hakim MKJakarta,sidaknews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menetapkan status tersangka kepada Ketua MK Akil Mochtar.

Selain Akil, KPK juga menetapkan status tersangka kepada anggota DPR Chairunnisa, Bupati Gunung Mas Hasbit Bintih, adik Gubernur Banten Tubagus Chairi Wardhana, dan tiga orang lainnya dari pihak swasta.

Pengumuman peningkatan status Akil Mochtar disampaikan langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad dalam konfrensi pers di Gedung KPK Kamis (3/10). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Katua KPK Bambang Wijayanto dan salah seorang hakim MK Patrialis Akbar.

“Hasil penyelidikan dan ekspose yang dilakukan oleh penyidik KPK telah ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan,” kata Samad.

KPK juga memperlihatkan barang bukti hasil tangkap tangan yang dilakukan KPK terkait suap terhadap Akil Mochtar. Untuk kasus Pilkada Gunung Mas, KPK menyita pecahan uang asing dalam bentuk dollar Amerika dan dollar Singapura yang dibungkus amplop coklat dengan nilai sekitar 3 miliar rupiah.

Sementara untuk kasus Pilkada Lebak, KPK mengamankan pecahan uang rupiah yang dibungkus travel bag senilai 1 miliar rupiah.

Hakim Mahkamah konstitusi yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa MK menghormati proses hukum yang saat ini ditangani KPK. Patrialis berjanji akan memberikan akses yang diperlukan kepada KPK untuk mempermudah proses penyidikan.

“Kami akan memberikan akses kepada KPK sambil terus berupaya untuk menjaga integritas dan kehormatan MK”, kata Patrialis. (**)

Check Also

Bupati Soekirman: Dengan Xpansi Kita Tunjukkan Kepedulian Pada Dunia Pendidikan dan Kelestarian Alam

*Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Xpansi, Sergai, sidaknews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *