Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Aksi Tanam Jagung di Tanah Sengketa Disoal

Aksi Tanam Jagung di Tanah Sengketa Disoal

Lahan eks Tegal Waroe Landen ini diperebutkan oleh berbagai pihak.
Lahan eks Tegal Waroe Landen ini diperebutkan oleh berbagai pihak.

KARAWANG,sidaknews.com – Aksi tanam bibit jagung oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai warga Desa Margamulya, Teluk Jambe, Jumat lalu (14/11/), diduga direkayasa oleh mafia tanah yang berniat menguasai tanah di Teluk Jambe dengan cara-cara melawan hukum.

“Dari dulu tanah ex Tegal Waroe Landen ini diperebutkan oleh berbagai pihak. Melihat peluang, spekulan tanah pun ikut bermain. Namun, sejak keputusan PK menyatakan PT SAMP sebagai pemilik tanah yang sah, pihak spekulan ini mengerahkan massa untuk melakukan aksi-aksi,” kata Obik Supriadi, warga Teluk Jambe, Sabtu (22/11/).

Pria yang sering dipanggil Abah Obik ini meragukan jika yang melakukan aksi tersebut adalah petani atau warga setempat.

“Kalau melihat orang-orang yang aktif di aksi tanam jagung, saya lihat tidak ada petaninya. Warga Margamulya pun hanya satu dua orang saja,” kata Abah Obik.

Menurut tokoh Desa Teluk Jambe ini, dia yakin ada pihak yang menggerakkan aksi tanam jagung yang lokasinya dekat dengan tanah sengketa.

“Sudah lama pola aksi massa dilakukan.Bahkan, sebelum demo besar yang menolak eksekusi, sudah berkali-kali terjadi aksi lainnya,” katanya.

Sementara itu, pejabat PT SAMP, Hersutanta, menyatakan sejak awal pihaknya siap menyelesaikan masalah sebaik mungkin.

“Jika ada warga yang memiliki bukti sertifikat bisa diselesaikan dengan kami. Tanpa adanya aksi-aksi seperti itu, kami siap berdiskusi,” kata Hersutanta.

Hersutanta juga membantah bahwa pihaknya telah meratakan pohon yang ditanam di atas tanah warga.Jika tanah itu memang milik orang lain,kata dia, tidak mungkin pihaknya melakukan hal itu.Ia mengaku hanya ingin masalah ini cepat selesai.

Beberapa waktu sebelumnya, praktisi hukum H. Martin Purwadinata, SH. pernah menyatakan, bahwa pengadilan adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan sengketa tanah Teluk Jambe.Martin mengatakan, terhadap putusan PK yang telah berkekuatan hukum tetap, upaya hukum lain masih bisa dilakukan jika ada bukti baru, berupa novum. (karla)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>