Home » Berita Foto » Aliansi Mahasiswa Tuding DPRD Tebingtinggi Mandul

Aliansi Mahasiswa Tuding DPRD Tebingtinggi Mandul

Keterangan gambar : BAKAR POCONG “Aksi unjuk rasa aliansi mahasiswa gabungan dari HIMMAH, Ikatan Pelajar Mahasiswa Al Washliyah dan SAPMA IPK membakar replika pocong didepan Kantor DPRD Jalan Sutomo Tebingtinggi”.
Keterangan gambar :
BAKAR POCONG “Aksi unjuk rasa aliansi mahasiswa gabungan dari HIMMAH, Ikatan Pelajar Mahasiswa Al Washliyah dan SAPMA IPK membakar replika pocong didepan Kantor DPRD Jalan Sutomo Tebingtinggi”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH), Ikatan Pelajar Al Washliyah dan SAPMA IPK Kota Tebingtinggi melakukan aksi unjuk rasa didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi, Selasa (3/3).

Aliansi gabungan mahasiswa ini membawa poster dan membakar replica pocong yang menunjukkan bahwa anggota DPRD Tebingtinggi mandul serta tidak peduli dengan masyarakat kecil, seperti nasib pedagang asongan di kereta api, belum membentuknya Perda terkait aset Kota Tebingtinggi dan tentang peraturan yang berlaku dimana merugikan masyarakat Kota Tebingtinggi oleh pihak PT Adira Finance.

“Kami minta DPRD berpihak ke masyarakat. Jangan mengaku menjadi wakil-nya rakyat tetapi DPRD mandul dalam menentukan kebijakan. Rakyat Tebingtinggi ingin wakilnya lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan hak, wewenang serta melaksanakan tugas sesuai fungsinya”, cetus Kordinator Aksi J Medianda.

Mahasiswa bakar pocong2Mereka juga meminta DPRD perlu memperkuat peran dan fungsinya agar eksekutif dapat menjalankan tugasnya dengan baik demi mewujudkan good local goverment. Fungsi DPRD untuk mengontrol jalannya pemerintahan daerah, sedangkan berkenaan dengan fungsi legislatif, posisi DPRD bukanlah aktor yang dominan.

“DPRD harus mengambil hak inisiatifnya yaitu hak angket untuk mengajukan rancangan peraturan daerah tentang aset pemerintah Kota Tebingtinggi terhadap aset-aset yang tidak jelas keberadaannya sampai sekarang. Makanya DPRD jangan mandul,” tandasnya.

Terkait aksi aliansi mahasiswa tersebut, Ketua DPRD Muhammad Yuridho Chap didampingi Kaharuddin Nasution langsung menemui mereka. Dalam penjelasannya, Ridho berjanji akan menampung semua aspirasi HIMMAH, Ikatan Pelajar Mahasiswa Al Wasliyah dan SAPMA IPK Kota Tebingtinggi. “Kita akan terima masukan dari para mahasiswa dan akan dibahas di DPRD,” jelasnya.

Aksi unjuk rasa itu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Aksi damai tak berlangsung lama hanya sekitar satu jam, setelah menyampaikan aspirasinya, mahasiswa inipun membubarkan diri secara tertib dan tetap mendapat pengawalan pihak kepolisian. (Wan)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya melantik dan mengukuhkan sebanyak 149 Pejabat Administrator Eselon III di lingkungan Pemkab Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19/1).

Wabup Sergai Kukuhkan dan Lantik 149 Pejabat Administrator

*Darma Wijaya: Laksanakan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan dengan penuh tanggung jawab Sergai, sidaknews.com …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>