Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Aliansi Pro Keadilan Karimun Minta Hakim PN Tanjungpinang Tegas Ambil Putusan

Aliansi Pro Keadilan Karimun Minta Hakim PN Tanjungpinang Tegas Ambil Putusan

Terkait Sidang Lanjutan kasus Dugaan Korupsi KPU Karimun

Abdul Rahman ketua Koordinator
Abdul Rahman ketua Koordinator Aliansi Pro Keadilan Kabupaten Karimun Kepri.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Ketua aliansi Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Pro Keadilan Kabupaten Karimun, Abdul Rahman meminta agar majelis hakim Pengadilan Negeri yang menyidangkan perkara dugaan korupsi dana hibah di KPU Karimun untuk lebih jeli untuk menghadiri dan memeriksa sejumlah saksi, terutama pihak eksekutif yang diduga ikut terlibat dalam perkara tersebut.

Mereka menilai, proses hukum yang sudah dan tengah berjalan terhadap para terdakwa korupsi dana hibah KPU Karimun digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PN Tanjungpinang saat ini, jangan sampai terputus sebatas komisioner maupun tingkat bawah yang diproses oleh pihak penegak hukum di negeri ini.

“Artinya proses penegakan hukum dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi tersebut sebenarnya ada pada level tingkat atas di eksekutif dan legeslatif selaku pengguna anggaran mapun pencetus kebijakan anggaran negara yang diduga bermasalah dan sudah dikeluarkan saat itu,” kata Rahman disela aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sejumlah anggota LSM tersebut di depan Kantor Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Rabu (4/6)

Menurut Sudirman, berdasarkan fakta hukum yang sudah berjalan selama ini di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, semua proses pencairan anggaran yang telah dikeluarkan oleh pengguna anggaran pada saat itu, telah dilengkapi dengan kwitansi bukti fiktif dalam berbagai kegiatan, termasuk surat perintah perjalan dinas (SPPD) fiktif

“Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kerugian negara yang telah ditimbulkan dalam dugaan korupsi pada KPU Karimun tersebut, berkisar Rp3 miliar lebih dan bukan Rp1,3 milar dari total anggaran dana hubah pada APBD Karimun tahun 2010-2011 sebesar Rp13,5 miliar ,”ucap Sudirman yang juga diamini sejumlah anggota aliansi LSM tersebut.

AliansiTerhadap hal tersebut, ia menilai Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Karimun dinilai telah salah dan keliru dalam membuat dakwaan terhadap para terdakwa yang telah maun tengah diproses hukum di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang selama ini.

“Artinya terdapat selisih kerugian negera berdasarkan dakwaan JPU dengan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sekitar Rp2 miliar lebih. Hal ini menunjukkan adanya ketidak telitian dari para JPU dalam menyidangkan perkara ini,”ucap Sudirman.

Atas fakta dan kondisi tersebut, Sudirman meminta agar majelis hakim Pengadilan Tipikor Tanjungpinang untuk lebih teliti dan jeli dalam memeriksa sejumlah saksi yang dihadirkan oleh JPU pada persidangan.

Disamping itu, ia juga meminta majelis hakim untuk memerintahkan JPU untuk bisa menghadirkan sekaligus memeriksa sejumlah saksi yang berkaitan dengan pengguna angaran di sekretariad daerah Karimun, termasuk pihak anggota DPRD yang menduduki Badan Anggaran (Banggar) untuk dana hibah pada KPU Karimun saat itu.

“Jika perlu, jika terbukti bersalah dalam persidangan sebagai saksi, kita minta majelis hakim yang menyidangkan perkara ini, dapat langsung menetapkan mereka-mereka yang diduga terlibat tersebut ditetapkan sebagai tersangka, sekaligus meminta JPU pada Kejari Karimun langsung memproses mereka sesuai ketentuan hukum yang berlaku,”ucap Sudirman dengan lantangnya.

Ketua aliansi LSM ini juga menyebutkan, bahwa aksi unjuk rasa yang mereka gelar saat ini tidak berhenti sampai disini saja, melaikan akan diteruskan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta dalam waktu dekat ini.

“Kita minta KPK untuk bisa memantau langsung terhadap jalanya proses hukum dugaan kasus korupsi KPU Karimun ini,”ucapnya.

Dalam aksi unjuk demo tersebut, para perwakilan aliansi LSM juga menyerahkan sejumlah tambahan data dan bukti terhadap dugaan kasus korupsi di KPU Karimun tersebut kepada Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Parulian Lumbantoruan SH MH.(SN)

Check Also

Ketua Umum FSI Qalbun Salim (kanan) menyerahkan hasil penggalangan dana kepada Ketua FSLDK kepulauan Riau (kiri).

Peduli Somalia, FSI STIE Pembangunan Tanjungpinang Galang Dana

Tanjungpinang, sidaknews.com – Ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Dosen, Mahasiswa di STIE Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>