Selasa , 30 Mei 2017
Home » Berita Foto » Ambisi Freeport bikin terowongan tambang terpanjang di dunia

Ambisi Freeport bikin terowongan tambang terpanjang di dunia

Terowongan Jalur Gaza. alarabiya.net
Terowongan Jalur Gaza. alarabiya.net

Renegosiasi kontrak karya karya Freeport dalam pengelolaan tambang emas di Papua Barat belum ada kejelasan. Kontrak Freeport untuk 30 tahun tahap awal di Papua akan berakhir pada 2021.

Meski kontrak karya belum jelas, Freeport ngotot masih akan terus investasi dalam pengelolaan emas di Papua. Presiden Freeport Indonesia Rozik Sutjipto mengatakan, pihaknya akan meneruskan eksplorasi emas dengan mengkonversi dari lahan permukaan ke bawah tanah.

Freeport berambisi menggarap tambang bawah tanah. “Cadangan permukaan akan habis 2016 kami harus mengkonversikan. Sekarang kami masih 70 persen permukaan dan 30 persen underground. Nanti 100 persen underground,” ucap Rozik dalam rapat bersama DPR dan pemerintah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (5/7).

Untuk merealisasikan tambah bawah tanah, Freeport akan membuat terowongan pertambangan terbesar di dunia. Demi ambisinya itu, Freeport rela merogoh USD 9,8 miliar.

Pembuatan terowongan sepanjang 1.000 km akan dilakukan selama 10 tahun mulai dari 2012-2021. “80 persen di underground. 2012-2021 kami merencakan investasi USD 9,8 miliar untuk persiapan terowongan tambang bawah tanah,” katanya.

Saat ini, terowongan tersebut sudah terealisasi 400 km. Rozik mengaku walaupun renegosiasi kontrak belum menemukan titik temu, pihaknya tidak akan berhenti menggarap tambang emas di Papua. Tahun ini saja, pihaknya akan investasi USD 1 miliar untuk membuat tambang bawah.

“Ini mungkin akan menjadi tambang bawah tanah terbesar di dunia, terowongan yang sudah ada 400 km, tapi ini tidak memanjang,” katanya.

Ambisi Freeport ini seolah melupakan kejadian longsornya terowongan Big Goosan di kawasan tambang Freeport yang menewaskan 28 orang pekerja. (merdeka.com)

Check Also

Berantas Pekat, Polrestabes Medan Musnahkan Ribuan Botol Miras

Medan, sidaknews.com – Dalam memberantas pekat atau penyakit masyarakat pihak kepolisian Polrestabes Medan memusnahkan kurang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *