Senin , 27 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Anak – Anak Di Gayo Lues Bangga Dengan Hasil Kebun Usaha Keluarganya

Anak – Anak Di Gayo Lues Bangga Dengan Hasil Kebun Usaha Keluarganya

Anak - anak Peparik Gaib Kecamatan Blang Jerango Kabupaten Gayo Lues bangga dengan hasil usaha perkebunan keluarnya ( Foto, Dok, TARMIZI A. GANI )
Anak – anak Peparik Gaib Kecamatan Blang Jerango Kabupaten Gayo Lues bangga dengan hasil usaha perkebunan keluarnya ( Foto, Dok, TARMIZI A. GANI )

BLANG JERANGO,GAYO LUES,Sidaknews.com – Menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi saya secara pribadi bisa sampai di Gampong ( Desa- red) Peparik Gaib Kecamatan Blang Jerango Kabupaten Gayo Lues, kunjungan saya kala itu bersama Kepala BKP-Luh Aceh yang di dampingi Kepala BP2KP Gayo Lues Ir. Amrullah Leman. pada Jumat ( 08/08/2014 ) yang lalu.

Setiba di Gampong Peparik Gaib rombongan kami di sambut petani nanas dengan gembira, apa lagi saat anak – anak berebut minta di potret bangga bersama hasil kebun usaha ayah – ibu mereka yang merupakan sektor andalan di daerah tersebut.

Keindahan panorama Peparik Gaib secara khusus dan Gayo Lues secara umum sangat luar biasa, hutan asli yang masih pearwan, bukit bukau dan pergunungan yang di tumbuhi kekayuan subur dan hijau di lihat penulis menjadi suatu berkah buat Aceh, dan tidak mustahil menjadi bahagian dari alat jual kategori Nasional dan manca negara ( Internasional – red) jika pihak terkait di pemerintah Aceh dan Gayo Lues bersungguh – sungguh mempublikasi ruang wisata yang menjanjikan, termasuk hasil kebun seperti nanas.

Sarana dan prasarana seperti jalan dan ruang linkup lain juga perlu menjadi perhatian pemerintah, sehingga tidak mencuat adanya indikasi diskriminasi pembangunan yang dirasakan masyarakat pedalaman berbanding masyarakat perkotaan, begitu halnya untuk Peparik Gaib.

Saiful Hadi salah seorang pemerhati sosial yang di temu penulis menggambarkan pentingnya memajukan sumber ekonomi masyarakat desa ( pedalaman ) karena desa adalah salah satu kekuatan ekonomi sehingga dapat menekan angka kemiskinan secara riil selain dapat mengurangi urbanisasi ( perpindahan penduduk dari Desa ke Kota ).

Kunjungan kami ke Gampong Peparik Gaib terjadi usai menghabiskan waktu pada pagi harinya di kebun buah naga milik Bupati Gayo Lues H. Ibnu Hasim, S.Sos, MM, yang terbentang indah di belakang kediamannya, kunjuangan penulis waktu itu atasnama Pengurus Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh.

Sebagai warga Aceh yang telah lama menetap di luar negeri ( Denmark – red ), maka kunjungan ke Gayo Lues tersebut yang merupakan kunjungan pertama saya, jadi sangat tidak berlebihan jika penulis berkeinginan untuk sampai kembali di sana di masa yang akan datang. (Tarmizi/hasbi)

 

 

 

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Jhoni Walker Manik, MM tengah menyematkan tanda peserta pada pembukaan LT III Kwarcab Sergai Tahun 2017 yang berlokasi di Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Sabtu, (25/3).

Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Sergai Tahun 2017

-Pramuka Harus Miliki Prinsip Dasar Kemampuan dan Kepemimpinan Sergai, sidaknews.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>