Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Angin Puting Beliung Luluh Lantakkan Desa Kembang Ragi

Angin Puting Beliung Luluh Lantakkan Desa Kembang Ragi

Angin puting beliung memporak-porandakan Desa Kembang Ragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sulawesi-Selatan.
Angin puting beliung memporak-porandakan Desa Kembang Ragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sulawesi-Selatan.

Kepuluan Selayar,Sidaknews.com – Angin puting beliung memporak-porandakan Desa Kembang Ragi, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sulawesi-Selatan. Akibatnya, 40 unit pemukiman warga rusak diterjang angin puting beliung.

Camat Pasimasunggu, Tauhid Muchtar, SE yang dikonfrontir wartawan via telefon selularnya mengungkapkan, kejadian yang berlangsung pada hari Senin (8/12) sekira pukul 14.30 Wita tersebut telah berdampak dan mengakibatkan rusaknya empat puluh unit bangunan rumah pemukiman warga masyarakat di wilayah itu.

Sejumlah bangunan rumah dikategorikan rusak parah bahkan beberapa diantaranya ambruk dan nyaris rata dengan tanah. Pasca kejadian, pemerintah kecamatan yang dibantu aparat Pemerintah Desa Kembang Ragi, masyarakat serta unsur TNI-AD dan Polri telah bergotong royong untuk membersihkan sisa puing-puing bangunan rumah yang hancur berserakan akibat hantaman angin puting beliung.

Bangunan rumah dengan tingkat kerusakan ringan dan sedang juga telah dibangun kembali termasuk rumah yang hanya mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Kerja bakti akan terus dilaksanakan hingga dengan normalnya kembali kondisi pemukiman yang rusak sambil menantikan datangnya bantuan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Letak geographys Desa Kembang Ragi sebagai pusat ibukota kecamatan Pasimasunggu yang secara umum terpisah dari daratan Kepulauan Selayar, hampir dapat dipastikan akan menjadi faktor utama terhambatnya distribusi bantuan dari pemerintah kabupaten.

Tauhid menuturkan, dibutuhkan waktu setidaknya lima sampai enam jam perjalanan laut untuk dapat menjangkau dan menyalurkan secara langsung logistik bantuan ke lokasi kejadian.

Tim gabungan penanggulangan bencana sendiri, diharuskan menumpangi perahu jollor dari ibukota kabupaten untuk dapat merapat ke titik pas terjadinya musibah angin puting beliung.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada hari Senin siang itu, namun Tauhid berjanji akan tetap membuat dan menyampaikan laporan secara tertulis mengenai taksiran jumlah kerugian yang diderita warganya.

Laporan dimaksud akan disampaikan dengan segera kepada instansi tekhnis BPBD Kepulauan Selayar, untuk ditindak lanjuti. Musibah angin puting beliung yang melanda Kecamatan Pasimasunggu ini turut diaminkan oleh Kepala Desa Kembang Ragi, Muh Ikbal. Pihaknya membenarkan peristiwa angin puting beliung yang menimpa daerahnya belum lama ini. (Fadly Syarif)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>