Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Apparalang, Pantai Eksotis Tersembunyi di Semenanjung Selatan Kota Butta Panrita Lopi

Apparalang, Pantai Eksotis Tersembunyi di Semenanjung Selatan Kota Butta Panrita Lopi

Keterangan Gambar: Aktivitas wisata di Kawasan Pantai Apparalang Kota Butta Panrita Lopi.
Keterangan Gambar: Aktivitas wisata di Kawasan Pantai Apparalang Kota Butta Panrita Lopi.

Bulukumba,Sidaknews.com – Menyebut nama Kabupaten Bulukumba membawa pikiran ‘melayang jauh’ ke daerah berjuluk Butta Panritan Lopi sebuah kabupaten kecil yang dikelilingi oleh kawasan pantai berpasir putih mulus, selembut salju.

Pantai tanjung Bira merupakan salah satu nama lokasi destinasi daerah tujuan wisata tersohor di Kabupaten Bulukumba yang beberapa puluh tahun silam sempat mengangkat dan membesarkan citra pariwisata Provinsi Sulawesi-Selatan di mata dunia International.

Seiring dengan berjalannya waktu, nama Pantai Samboang hadir menambah deretan panjang nama kawasan destinasi pariwisata bahari yang terdapat di kota Butta Panrita Lopi. Sebelumnya, nama Pantai Bara juga sempat mengemuka sebagai lokasi wisata pantai temuan terbaru di Kabupaten Bulukumba.

Kehadiran pantai Apparalang sebagai salah satu nama spot wisata bahari temuan terbaru yang tidak kalah eksotis dan memukau bila dibandingkan dengan kawasan Tanjung Bira kembali membuat tenar nama Kabupaten Bulukumba.

Pantai Apparalang merupakan satu dari dua nama lokasi spot wisata bahari yang baru ditemukan di jazirah Kabupaten Bulukumba, tepat diawal tahun 2015. Layaknya sebuah lokasi baru, nama Pantai Apparalang belum banyak dikenal publik dan baru diketahui oleh segelintir orang.

Lokasi pantai yang satu ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri dengan kondisi air lautnya yang teduh bak telaga. Kesempurnaan surga wisata bahari, terpancar jelas dari perpaduan warna bening dan birunya air laut yang dibalut oleh hamparan pasir putih lembut, selembut salju di sepanjang bibir Pantai Apparalang.

Suasana alamnyapun begitu mempesona dan menghadirkan ketenangan tersendiri bagi pengunjung yang cukup merasakan kepenatan aktivitas selama berada di tempat kerja. Panorama alam tebing karangnya yang hijau nan asri menjadi magnet berdaya pikat luar biasa.

Bahkan dalam waktu yang relatif singkat, Pantai Apparalang mulai banyak menyedot perhatian publik terkhusus dikalangan wisatawan, baik lokal, mancanegara maupun traveller. Suasana alamnya yang masih alami dan original menjadikan Pantai Apparalang sebagai lokasi wisata pilihan dimusim libur panjang, terutama bagi mereka para pengunjung yang tak ingin terusik oleh riuhnya kehidupan kota dan membutuhkan ketenangan, untuk sejenak menghilangkan perasaan stres.

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Bulukumba belum secara resmi membuka Pantai Apparalang sebagai destinasi daerah tujuan wisata. Pemerintah kabupaten juga belum memberikan perhatian khususnya terhadap upaya pengembangan kawasan Pantai Apparalang. Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi infrastruktur jalanannya yang masih belum memadai.

Penamaan, Pantai Apparalang memang belum sekaliber nama-nama pantai lain di Sulawesi-Selatan. Akan tetapi, pantai Apparalang, tidak kalah memikat dan mengagumkan. Pantai Apparalang menawarkan sisi lain dengan suasana alam pantainya yang masih relatif sunyi dan senyap.

Suasana alam Pantai Apparalang sangat tepat bagi pengujung yang ingin menghapus rasa jenuh dan merefresh otak dengan duduk bersantai di tepian pantai sembari menikmati desiran angin laut yang berhembus sepoi-sepoi dan menghadirkan sapaan lembut tubuh kepada para pengunjung.

Kondisi pantai berpasir putih dengan warna biru air lautnya yang jernih dan panorama alam perbukitan hijau di sekitar lokasi dipastikan mampu menghapus beban serta menyegarkan kembali memory pikiran yang kalut dan lelah dalam menghadapi rutinitas dan hingar bingar kehidupan.

Pantai Apparalang merupakan lokasi wisata pilihan terakhir bagi para pengunjung yang ingin menyendiri dan memisahkan diri bisingnya suasana kehidupan dengan menikmati indahnya lanskap ‘surga’ di Apparalang Beach yang menawarkan ketenangan.

Lokasi Pantai Apparalang yang berada di desa pesisir, Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba ini dapat ditempuh dan diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 20 menit dari arah Pantai Tanjung Bira dan atau 60 menit dari pusat ibukota Kabupaten Bulukumba.

Kawasan pantai yang berjarak sekitar 200 KM dari Kota Makassar ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit perjalanan darat. Selain itu, pantai Apparalang juga dimungkinkan untuk dapat diakses dengan angkutan umum antar daerah bertarif variatif antara 45-55 Ribu rupiah persatu orang penumpang.

Kendati demikian, para pengunjung yang datang dengan menumpangi alat transportasi umum harus mengakhiri perjalanan sampai di Desa Ara. Sebab, pantai Apparalang belum dapat diakses dengan menggunakan alat transportasi umum.

Walau begitu, kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena infrastruktur jalan menuju Pantai Apparalang telah rampung dikerjakan sekitar 80 persen dan akan segera dituntaskan pengerjaannya dalam waktu dekat.

Beberapa fasilitas dan sarana-prasarana pendukung lainnya, seperti lokasi penyewaan alat selam, perahu, motor, penginapan sejenis villa, bungalow, restoran, hotel melati bertarif murah, dan kamar mandi tengah dibangun dan dipersiapkan untuk menunjang kehadiran Pantai Apparalang sebagai destinasi daerah tujuan wisata di semenanjung selatan Kota Bulukumba.

Setelah semuanya rampung dikerjakan, Pantai terindah di Kabupaten Bulukumba ini akan secepatnya dibuka untuk masyarakat umum. (fadly syarif)

Check Also

Para Pelajar Madina terdiri dari SD, SMP dan SMA terlihat memadati sisi kiri dan sisi kanan jalan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi, jum'at (24/3).

Ribuan Pelajar di Madina Turun Kejalan Sambut Kedatangan Jokowi

Mandailing Natal, sidaknews.com – Ribuan Pelajar di Kabupaten Mandailing Natal, turun ke jalan sambut kedatangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>