Jumat , 26 Mei 2017
Home » Daerah » Babel » Arief Yahya: Belitung gak laku kalau belum International Airpor

Arief Yahya: Belitung gak laku kalau belum International Airpor

Arief Yahya menteri Pariwisata.
Arief Yahya menteri Pariwisata.

BELITUNG,Sidaknews.com – Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengatakan Belitung cocok dibandingkan dengan Maldives (Negara Kepulauan Maladewa). Maldives, kata dia, berpenduduk sekitar 320 ribu jiwa.

Akan tetapi jumlah wisatawan mancanegaranya mencapai 1,1 juta wisman. Pendapatan negara yang terletak di selatan India itu sekitar 2 miliar dolar atau sekitar Rp 2 triliun.

“Saya tidak tahu GDP Belitung ini berapa, tapi Maldives itu tidak lebih besar daripada Belitung. Bagus untuk (dijadikan)benchmark (standar ukuran). Jadi rata-rata setiap wisman (di Maldives) itu menghabiskan 2000 us dollar.

Ini berasal dari utamanya sektor bahari, bagi saya, Belitung cocok untuk wisata Bahari,” papar Menteri Pariwisata RI Arief Yahya ketika mengisi dialog dalam Musrenbang regional Sumatera di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Belitung, Jalan Ahmad Yani, Tanjungpandan, Sabtu (13/12/2014).

Menteri Arief mengatakan, ihwal pembangunan di daerah, khususnya pariwisata, adalah soal prioritas saja. Namun di Indonesia, infrastruktur pariwisatanya masih ia nilai jelek, juga aksesbilitasnya.

Produk pariwisata, kata Arief, baru bisa dikatakan produk kalau ia bisa dinikmati oleh wisatawan.

Ihwal akses pariwisata ini, ia menyontohkan Belitung yang dinilai belum maksimal. Menurutnya, tanpa akses yang bagus, Belitung belum bisa dikatakan sebagai destinasi pariwisata.

“Meski pun Belitung ini indahnya seperti apa pun, kalau tidak ada aksesnya belum bisa dikatakan destinasi pariwisata,” kata dia.

“Kemenhub, ini tugasnya. Maaf pak, gak laku Belitung, kalau tidak international airport,” (ANS)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *