Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Arif Jumana Cs Divonis 6 Bulan Hukuman Rehabilitasi

Arif Jumana Cs Divonis 6 Bulan Hukuman Rehabilitasi

Arif Jumana, Suhartini dan Serliyuni tampak santai sebelum menjalani persidangan di PN Tanjungpinang, Rabu (11/3). Foto: Rindu Sianipar
Arif Jumana, Suhartini dan Serliyuni tampak santai sebelum menjalani persidangan di PN Tanjungpinang, Rabu (11/3). Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Arif Jumana, oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan yang menjadi terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba hanya divonis dengan hukuman rehabilitasi selama enam bulan.

“Akibat perbuatannya, terdakwa dijatuhi hukuman menjalani rehabilitasi di panti rehabilitasi narkotika Batam, Kepri selama enam bulan,” ujar majelis hakim Parulian Lumbantoruan pada persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (11/3).

Selain Arif, Serliyuni dan Suhartini dua teman wanitanya yang juga menjadi terdakwa dalam kasus ini juga dikenakan hukuman yang sama. Dalam amar putusan hakim, ketiganya terbukti secara sah bersalah melanggar ketentuan pasal 127 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika jo pasal 55 KUHP ayat 1 ke-1 sebagaimana dalam dakwaan jaksa.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut ketiganya dengan hukuman rehabilitasi selama 10 bulan. Dalam pertimbangan hakim, hal-hal yang memberatkan yakni ketiga terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam memberantas narkotika.

“Sedangkan hal-hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum. Memiliki tanggungan keluarga,” ujar hakim membacakan pertimbangannya sebelum mengambil keputusan. Terhadap vonis tersebut, ketiga terdakwa mengatakan masih pikir-pikir begitu juga dengan jaksa mengutarakan hal yang sama.

Usai persidangan, Arif yang merupakan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bintan ini enggan menjawab pertanyaan seputar vonis yang dilontarkan sejumlah wartawan.

Arif maupun kedua teman wanitanya terlihat berusaha menghindar dari awak media. Usai sidang, ketiganya berjalan terburu-buru menuju mobil yang berada di pelataran parkir sekitar gedung pengadilan.

Sebagaimana diketahui, Arif bersama dua teman wanitanya tertangkap tangan polisi bersama warga ketika sedang menggelar pesta narkoba jenis sabu di sebuah bekas kolam renang di sekitar Seineng, KM 20 Bintan Timur beberapa waktu lalu.(Rindu Sianipar)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>