Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » Asia Pacific Festival Purwakarta 2014 Sukses

Asia Pacific Festival Purwakarta 2014 Sukses

– Dimeriahkan 11 Negara Se-Asia Pasifik Dan 10 Provinsi se Indonesia dan 10 Kabupaten.

Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH menegaskan pelaksanaan fastival ini komitmen dirinya dalam upaya seni budaya sebagai spirit pembangunan di kabupaten purwakarta
Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH menegaskan pelaksanaan fastival ini komitmen dirinya dalam upaya seni budaya sebagai spirit pembangunan di kabupaten purwakarta.

PURWAKARTA,Sidaknews.com – Sebelas negara se Asia Pasifik memeriahkan Festival Budaya Asia Pasifik 2014 yang digelar pemerintah kabupaten purwakarta, sabtu (30/08) malam.

Event ini merupakan puncak acara hari jadi kabupaten ke 46 dan purwakarta ke 183 yang dipusatkan di sepanjang jalan Jendral sudirman pasar juma’ah menuju Gedung Kembar Jl. KK. Singawinata Purwakarta.

11 negara itu diantaranya Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Myanmar dan Indonesia yang diwakili seniman Madura. Selain peserta dari negara asia pasifik, karnaval juga dimeriahkan seni budaya dari 10 propinsi di Indonesia dan 10 kabupaten kota di jawa barat.

Tak ketinggalan, 4 kereta kencana yang dimiliki pemerintah kabupaten purwakarta juga dilibatkan dalam karnaval. Termasuk puluhan pasukan berkuda dan gerobak sapi.

Tepat pukul 20.00, peserta festival mulai bergerak dari tempat start di Taman Pembaharuan jalan babaru nagri melewati Pasar Jumaah di jalan Jendral Sudirman menuju tempat finish di gedung kembar jalan KK. Singawinata.

69pSite plan iring-iringan festival diawali paling depan Komandan Deville, Bupati Purwakarta dan Muspida Purwakarta yang seluruhnya menggunakan kuda. Berikutnya ada 3 kereta kencana yakni kereta kencana Ki Jaga Rasa, Nyi Malati dan Jaka Sunda.

Kemudian diikuti pasukan berkuda sejumlah 45 yang dinaiki para anggota DPRD Purwakarta, dibelakangnya ada gerobak sapi yang membawa hasil pertanian.

Dilanjutkan peserta Seni Budaya dari Negara-negara Asia Pasifik, berikutnya 10 peserta seni budaya Propinsi di Indonesia diantaranya propinsi Banten (seni Dogdog Lojor), DKI Jakarta (seni Ondel-ondel Betawi).

Sumatera Utara (seni Tortor Tunggal Panaluan-suku Batak), Nusa Tenggara Barat (seni Ngaluk Praje – Suku Sasak Lombok), Jawa Timur (seni Reog Ponorogo), D.I. Yogyakarta (seni Jogja Istimewa), Kalimantan Barat (seni Arak-arakan suku Dayak), Papua (Seni Tari Perang – suku asmat), Sulawesi Selatan (tiga etnis; bugis, makassar dan toraja), Jawa Barat (Genye).

56pTerakhir 10 tim kesenian dari kabupaten kota di jawa barat, yakni dari Kabupaten Pangandaran (seni Badud), Kabupaten Sukabumi (seni Ngarak Hurang), Purwakarta (seni Keprak-kepruk), Garut (Surak Ibra), Subang (Singa Titinggi), Sumedang (seni Reak Kreasi), Karawang (Bebegig Gebotan Pare), Kota Bogor (Seni Helaran Wayang Hihid), Kabupaten Bekasi (Tarik Tupat Kelas) dan Kota Bandung (seni Helaran Badawang).

Ribuan warga yang ingin menyaksikan festival ini, praktis menyempurnakan lautan manusia di sepanjang jalan yang dilalui peserta festival. Tak ayal, pagar pembatas dan aparat keamanan tak bisa berbuat banyak saking membludaknya pengunjung. Namun begitu, sejak awal start hingga finish, festival berjalan lancar dan meriah.

Sedangkan menurut Firman (25), salah satu warga Cianjur yang sengaja hadir dalam acara tersebut, menuturkan ke kagumannya, menurutnya baru kali ini melihat acara semeriah ini. “ ya baru kali ini, biasanya hanya parade biasa, tapi di Purwakarta mampu menghadirkan yang berbeda apalagi mampu menghadirkan para peserta dari luar negeri.”, ujarnya.

Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH menegaskan pelaksanaan fastival ini komitmen dirinya dalam upaya seni budaya sebagai spirit pembangunan di kabupaten purwakarta.

Festival ini bukan hanya kali ini saja, tapi sudah sejak 4 tahun terakhir digelar, “dengan seni budaya, kita setara. Kita tunjukan bahwa kita adalah bangsa yang besar dan beradab” jelas Dedi.(ega)     59p75p66p97p61p58p60 p39p

Check Also

Dinas kehutanan Provinsi Sumut selidiki banjir bandang di kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – akibat maraknya penebangan liar disekitar gunung lubuk raya, pihak Dinas Kehutanan Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *