Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Atasi Banjir “Pemko Akan Bangun Drainase dan Kolam Penampungan”

Atasi Banjir “Pemko Akan Bangun Drainase dan Kolam Penampungan”

Atasi Banjir "Pemko Akan Bangun Drainase dan Kolam Penampungan"
Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Saat Meninjau Drainase Di Belakang SMP Negeri 6 Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – “Mengatasi banjir di Jalan Pemuda tidak bisa dilakukan secara parsial. Namun harus dilakukan secara sinergis dan berkesinambungan dengan provinsi dan pusat.” Demikian dikatakan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH saat meninjau drainase di belakang SMP Negeri 6, Kamis (24/4).

Drainase sepanjang kurang lebih 1 KM tersebut telah mengalami pendangkalan di daerah hulunya dan tidak memiliki daerah resapan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi banjir di Jalan Pemuda harus dilakukan di hulu drainase yang mengarah ke laut tersebut.

Adapun usaha yang akan dilakukan adalah dengan melebarkan drainase dan membangun bak penampungan untuk mengontrol air yang mengalir mulai dari depan RRI maupun Jalan Perintis yang menumpuk di Sei Jang. Sebagai tahap awal, pemerintah daerah akan membebaskan lahan disekitar drainase. “Lahan warga yang akan dibebaskan diperkirakan 2 Hektar. Dan masyarakat sudah bersedia lahannya dibebaskan,” ujar Wali Kota Tanjungpinang.

Atasi Banjir "Pemko Akan Bangun Drainase dan Kolam Penampungan"
Walikota Tanjungpinang, Kepala Dinas PU Kota Tanjungpinang dan Beberapa Staf Pemerintahan Pada Saat Berada Dilokasi.

Setelah survey, pihak PU Kota Tanjungpinang akan langsung membuat perencanaan tahapan pembebasan lahan. Sedangkan untuk minimal ganti ruginya, itu akan ditentukan langsung oleh tim independen sebagai penaksir harga lahan karena bukan pemerintah daerah yang menentukan harga lahan yang akan dibebaskan tersebut.

Ditemui dilokasi yang sama saat mendampingi walikota, Kepala Dinas PU Kota Tanjungpinang Robert Pasaribu menjelaskan, bak penampungan yang akan dibuat nanti berfungsi untuk menahan air laut naik ke darat saat terjadi pasang mengingat permukaan air laut lebih tinggi dari daratan. Sementara itu, lebar drainase baru itu nantinya adalah 4 hingga 5 meter.

“Saat ini sudah dilakukan perencanaan. Yang dilakukan pemda adalah membebaskan lahannya tahun ini, sementara pengerjaan akan dilakukan di tahun 2015 mendatang dengan melibatkan Satker Kemeterian PU.” Ujarnya. (Erva/hms)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>