Home » Daerah » Babel » BaBel launching Energi Terbaru

BaBel launching Energi Terbaru

Gubernur Babel, H Rustam Effendi, saat launching energi terbarukan, Rabu (31/12).
Gubernur Babel, H Rustam Effendi, saat launching energi terbarukan, Rabu (31/12).

Tanjungpandan,Sidaknews.com – Kebutuhan energi listrik di Provinsi Bangka Belitung begitu sangat besar, namun daya yang ada masih belum mencukupi. Sehingga, Pemerintah Provinsi Babel berusaha untuk mencari alternatif lain berupa energi terbarukan.

Gubernur Babel, H Rustam Effendi menuturkan, energi terbarukan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Babel yang saat ini masih kekurangan energi listrik. “Sejak 2009 masyarakat Babel selalu mendambakan energi listrik, tetapi kita masih kekurangan daya. Sehingga tidak mampu untuk mencukupi daya listrik hingga saat ini,” ujarnya saat launching energi terbarukan, Rabu (31/12).

Gubernur berharap, dengan dibangunnya energi terbarukan ini paling tidak bisa mencukupi kebutuhan listrik bagi masyarakat Babel. “Dengan adanya energi terbarukan ini, paling tidak bisa mengakali kekurangan daya listrik, minimal di komplek perumahan,” imbuhnya. Menurut Rustam, energi terbarukan berbasis teknologi ini bisa menjadi yang terhebat di Asia Tenggara.

“Kita akan membangun energi listrik berkekuatan 2×350 megawatt di Tanjung Ular Muntok, Kabupaten Bangka Barat dan di Belitung. Untuk itu saya meminta kepada pemerintah pusat agar mempermudah birokrasi administrasi untuk investasi energi senilai 1 miliar dolar dari pihak swasta ini,” imbuhnya.

Menurut Gubernur, Pemprov Babel sudah membentuk tim untuk membuat DED. Tim ini akan mensinkronkan dengan tim swasta yang akan membangun energi ini yang akan datang pada pertengahan Januari 2015. “Tim Pemprov Babel akan bertemu dengan tim dari pihak investor pada pertengahan Januari nanti. Kalau DED sudah siap, pihak investor janji energi terbarukan ini akan berdiri di Babel,” ujarnya.

Alasan Gubernur untuk membangun energi listrik berkekuatan 2×350 megawatt ini, karena kebutuhan energi listrik di Babel sebesar 1.700 megawatt, sementara beban puncak sebesar 250 megawatt tetapi hanya untuk kebutuhan energi rumah tangga.

“Jika ditambah dengan kebutuhan energi untuk industri, maka Babel membutuhkan energi listrik sebesar 600 megawatt,” tukasnya. Jika energi terbarukan ini sudah terbangun kata gubernur, Babel tidak kekurangan daya listrik lagi dan tidak lagi pusing memikirkan kekurangan listrik.

Sementara itu Bupati Belitung, Sahani Saleh mengharapkan dengan ada launching energi terbarukan ini dapat mengatasi kekurangan energi listrik di Pulau Belitung. “Kita sudah menyiapkan lahan sekitar 1.400 hektare untuk pembangunan energi terbarukan ini. Belitung sangat kekurangan energi listrik. Dengan adanya energi terbarukan ini, masyarakat Belitung dapat menikmati energi ini pada masa mendatang,” ujarnya.

Menurut Sahani, untuk tahap awal ini untuk di Belitung akan dibangun sebesar 50 megawatt. Dengan adanya energi ini kebutuhan listrik di Belitung dapat terpenuhi. “Energi terbarukan ini akan dibangun pada 2015 ini sebesar 50 megawatt untuk di Belitung. Mudah-mudahan dengan ada energi terbaru ini, kebutuhan listrik di Belitung pada masa mendatang bisa terpenuhi,”jelasnya.(ANS)

Check Also

kepala badan Baitul Mal Kota Langsa, Alamsyah Abubakardin (pakai peci hitam) mengecek rumah bantuan pimpinan dayah Darul Huda yang sedang dikerjakan.

Baitul Mal Bangun Rumah Pimpinan Dayah Darul Huda

Langsa, sidaknews.com – Tgk Muhammad Nasir selaku pimpinan dayah Darul Huda cabang Abu Ali atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>