Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Bagir Manan: PK Sudjiono Timan seharusnya tidak diterima

Bagir Manan: PK Sudjiono Timan seharusnya tidak diterima

dewan pers. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
dewan pers. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan menyatakan seharusnya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh terpidana kasus korupsi dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Sudjiono Timan tidak diterima. Sebab, menurut dia, pengajuan PK itu menyalahi prosedur.

“Kalau saya jadi hakim PK, PK nya tidak akan saya terima,” ujar Bagir saat dihubungi di Jakarta, Senin (26/8).

Bagir merupakan ketua majelis kasasi perkara Sudjiono Timan yang akhirnya menjatuhkan pidana penjara selama 15 tahun. Menurut Bagir, terdapat dua pelanggaran yang dilakukan oleh terpidana.

“Pertama, prosedur PK tidak benar karena diajukan istri. Istri itu bukan ahli waris karena terpidana belum mati,” kata Bagir.

Bagir menerangkan, jika terpidana belum mati, keluarga dapat mengajukan PK jika yang bersangkutan menolak memohon PK. “Atau bisa juga dalam keadaan tidak mungkin misalnya sakit,” ucap dia.

Alasan kedua, tambah Bagir, status terpidana yang menjadi buron harus menjadi pertimbangan untuk tidak menerima PK. Sebab, terpidana telah melakukan tindakan contemp of court (melecehkan persidangan).

“Menurut saya, hakim harus punya harga diri. Jadi, begini, dia kabur, dengan kata lain dia melecehkan hakim. Mestinya majelis PK memikirkan ini,” pungkas Bagir.sumber;merdeka.com

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>