Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bangunan Siluman SD Swasta Latihan YP HKBP Tanpa Perencanaan Matang

Bangunan Siluman SD Swasta Latihan YP HKBP Tanpa Perencanaan Matang

Keterangan Gambar:Terlihat atap bangunan melewati tembok pagar pekarangan sekolah.
Keterangan Gambar: Terlihat atap bangunan melewati tembok pagar pekarangan sekolah.

Siantar,Sidaknews.com – Bangunan 3ruangan baru SD Swasta Latihan YP. HKBP jalan Bahagia No. 10 Kampung Kristen Pematangsiantar tanpa plang proyek alias SILUMAN. Potret buruknya bangunan yang dipertontonkan Konsultan Perencanaan dan PPK terlihat kejanggalan kuat dugaan melanggar GSB jalan Toba II.

Tiang cor setiap bangunan terkesan tidak berkwalitas dan adanya pencurian campuran dilakukan pelaksana bangunan, hal ini terlihat saat di kopek dengan tangan tanpa menggunakan alat apa pun bisa terkopek bahkan langsung menimbulkan keretakan yang panjang.

Begitu juga dengan keteblan atap seng serta asbes platfon yang digunakan sarat menyimpang dari gambar teknis, adanya pengurangan ketebalan sehingga kuat dugaan perbandingan penyimpangan di LPj yang disajikan dengan kenyataan pelaksanaan.

Seorang kuli bangunan yang tidak bersedia memberitahukan namanya dijumpai di lokasi bangunan, Rabu (24/9) pukul 15.40wib menjelaskan mereka kerja harian bukan sistem borongan dan sama sekali tidak mengetahui siapa pemborongnya, juga membenarkan semenjak pelaksanaan kegiatan tidak ada plang proyek didirikan.

“Kami disini hanya kuli harian disini bang, bahkan kami tidak tau dan tidak kenal siapa pimpinan proyeknya apalagi besar anggaranya mana tau lah kami bang” jelasnya.

“Kami barunya disini bang, sebelumnya kami kerja membangun di Kuala namu makanya kami gak kenal siapa pemborongnya, mengenai plang proyek memang tidak ada dibuat bahkan satu menit pun kami tidak pernah berdiri Plang Proyek disekitar bangunan ini” tuturnya.

Gagalnya satu pelaksanaan proyek kegiatan bukan semata mata karena adanya pencurian konstruksi dilakukan para pemeras uang negara. Tetapi tidak adanya perencanaan konstruksi dengan layak satu alasan yang sering menyebabkan timbulnya permasalahan yang sangat fatal.

Kepala Sekolah, br Hutagalung yang terlihat sombong bak membanggakan keegoisanya dijumpai di kantin Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, Rabu (23/9) pukul 16.24wib terkesan tertutup bahkan ditanya pagu dana malah wanita paruh baya ini tidak bersedia memberitahukan tetapi terlihat tidak sungkan menyuruh awak media ini supaya konfirmasi langsung ke Dinas, seperti seorang jenderal memberi komanda kepada anggotanya.

“Saya kurang mengerti berapa besarnya pagu anggaran, tanya saja sama Dinas dan kalau bangunan di HKBP berarti milik HKBP dong” tuturnya.

“Setau saya itu Bansos TA 2014 dan konsultanya juga dari pusat tidak ada campur tangan dari Dinas Pendidikan sini” tutupnya.

Pelayanan dan tertutupnya informasi dari Kepala Sekolah terkesan adanya gencetan dari Dinas Pendidikan supaya jangan terlalu fulgar maupun terbuka memberikan informasi. Dugaan banyaknya Bansos dilaksanakan untuk Sekolah Swasta guna untuk meraup uang negara dari hasil pemotongan yang akan dilakukan.

Pembangunan 3ruangan baru yang membelakangi Jalan Toba II terlihat bukti nyata gagalnya Dinas Pendidikan Siantar melakukan perencanaan proyek bahkan kuat dugaan tanpa adanya perencanaan sekalipun ada di anggarkan pagu untuk jasa Konsultan Perencanaan.

Atap seng terlihat menjulur bahkan sampai melewati pagar sekolah di jalan Toba II, hal ini menjadi acuan akan buruknya proyek dilaksanakan, disinyalir pihak Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar mengupayakan penerima Bantuan dari APBN sekolah Swasta guna untuk menyunat anggaran tanpa banyaknya protes dari Kepala Sekolah.

Rembesan maupun tampias air hujan yang mengalir di atap akan langsung ke lahan hujau jalan sehingga fatal akan mengakibatkan pengikisan tanah (erosi). Proyek ‘SILUMAN’ ini menjadi penilaian amburadulnya perencanaan proyek Dinas Pendidikan.

Pantauan, kuat dugaan seng maupun baja ringan yang digunakan tidak sesuai ketebalan begitu juga dengan asbes sangat terlihat adanya pencurian mutu dan kwalitas dilakukan Kepala Sekolah untuk meraup untung dari uang negara.

Tanpa menggunakan plang proyek sehingga membatasi peran serta orang tua siswa maupun masyarakat umum turut serta melakukan pengawasan penggunaan uang negara.

Kepala Sekolah SD Swasta Latihan YP HKBP jalan Bahagia, br Hutagalung tidak bersedia dikonfirmasi bahkan di hubungi ke-nomor selular pribadinya 0813.757-686-59 tidak ada etika baik untuk memberikan informasi.

Tertutupnya bahkan memperlihatkan sifat sombong perlakuan Kepsek saat dijumpai dikantin Dinas pendidikan tidak menunjukkan citar tenaga pendidik.

Bangunan yang terkesan asal jadi bahkan sangat dipertanyakan mutu bangunan sangat disayangkan bak penghamburan uang negara, bahkan sampai saat ini pagu anggaran yang digucurkan dari pustat tidak diketahui besaranya.

Kinerja Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar dipertanyakan akan kondisi dan keadaan bangunan sekolah yang menyimpang bahkan atapnya melewati batas GSB.

Kekuatan konstruksi bangunan juga diresahkan terlihat di tiang coran banyak lubang yang besar begitu juga pemasangan lantai keramik tanpa adanya alas batu padas.

Jonson Tampubolon selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar tidak berhasil dikonfirmasi melalui selular, Kamis semalam (25/9) pukul 16.50wib.(SyamP)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *