Rabu , 29 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Banjir Hantam Alue Sijuek Peudada dan Sekitar Ancam Pangan Penduduk

Banjir Hantam Alue Sijuek Peudada dan Sekitar Ancam Pangan Penduduk

Banjir di Alue Sijuek dan Sekitarnya Acam Pangan Penduduk (Foto, TARMIZI A. GANI)
Banjir di Alue Sijuek dan Sekitarnya Acam Pangan Penduduk (Foto, TARMIZI A. GANI)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Hasil kunjungan media ini kelapangan Sabtu (22/11/2014) mendapati banjir yang menghantam Desa (Gampong-red), Alue Sijuek, Jaba, Cot Laoet dan Desa sekitar mengancam pangan penduduk setempat,

Kepala Desa Alue Sijuek yang di temui di lapangan mengatakan banjir yang di akibatkan karena hujan deras dan saluran yang tidak memadai telah mengakibatkan sejumlah rumah digenangi air.

Bahkan semalam ketinggian air di Alue Sijuek mencapai tiga meter, amatan penulis tadi pagi sekitar 15 rumah masih di genangi air, paling parah tiga rumah, hingga sekarang di dalam rumah tersebut air masih mencapi 70 cm.

Selain rumah warga yang di genangi air, bibit padi (di petak persemaian-red) juga di penuhi air, bahkan ada yang di bawa arus bajir, hal inilah yang menurut tokoh masyarakat setempat dan warga “menjadi ancaman pangan penduduk” pemerintah di minta mensikipa hal ini secepatnya.

Kadis Pengairan Pertambangan dan Energi Kabupaten Bireuen Ismunandar, ST, MT yang temui mengatakan, kita cukup prihatin dengan kondisi banjir yang menimpa warga di seluruh Kabupaten Bireue, namun demikian, sebenarnya cukup penting di bangun saluran untuk mengarahkan air hujan yang turun dari perbukitan di kawasan Alue Sijuek dan Jaba serta Desa sekitar, supaya air tidak langsung mengarah kepermukiman penduduk,

Satu lagi adalah salurran pembuang dari area pemukiman atau dari daerah irigasi Paya Sikameh dan Paya laoet perlu di bangun, saluran tersebut yang mengarah ke arah laut dan berfungsi sebagai saluran pembuang pada saat hujan deras.

Bupati Bireuen H. Rusalan M. Daud kepada media ini menerangkan, ia telah mengarahkan dinas – dinas dan pihak terkait untuk mengambil langkah – langkah yang tepat terhadap kondisi yang sedang terjadi (Banjir).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen Asmara Hadi, St, MT yang di konfirmasi mengatakan, sedang mendata sejumlah kerusakan dan kerugian akibat bencana banjir yang melanda sejumlah tempat di Kabupaten Bireuen.

Pun demimikian, hingga berita ini di turunkan bantuan dari Dinas Sosial belum disalurkan ke Desa Alue Sijuek, Jaba, Cot Laot dan Desa sekitarnya, sementara Camat Peudada Zamzami mengatakan, untuk tahap ini mereka lebih menfokoskan pada korban yang mengungsi.(THasbi/Tarmizi)

Check Also

Kader Kammi tanjungpinang sedang berlatih teknik persidangan.

Tingkatkan Militansi Kader, KAMMI Tanjungpinang Gelar Teknik Sidang Jilid II

Tanjungpinang, sidaknews.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Tanjungpinang kembali mengadakan kegiatan Teknik …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>