Jumat , 31 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Banjir Hantam Pidie Jaya, Ketinggian Air Capai Satu Meter Lebih

Banjir Hantam Pidie Jaya, Ketinggian Air Capai Satu Meter Lebih

Muhammad Nur SHI, MM, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pidie Jaya Menunjukkan Salah Satu Lokasi Banjir di Kabupaten Tersebut (Foto, Tarmizi A. Gani)
Keterangan Foto: Muhammad Nur SHI, MM, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pidie Jaya Menunjukkan Salah Satu Lokasi Banjir di Kabupaten Tersebut (Foto, Tarmizi A. Gani)

PIDIE JAYA,Sidaknews.com – Banjir Krueng Kiran dan Krueng Ulim pada Kamis malam 15 januari 2015, pukul 22.15 di Kabupaten Pidie Jaya dengan ketinggian air mencapai 90 cm – 110 cm menyebabkan terendamnya rumah penduduk di 46 gampong dalam empat Kecamatan dalam Kabupaten tersebut.

Demikian hal disampaikan Muhammad Nur, SHI,MM,Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pidie Jaya, kepada penulis.

Empat kecamatan yang mendera warga karena banjir adalah Kecamatan Bandar Dua, Meurah Dua, Ulim dan Jangka Buya, Banjir ikut membuat petani sawah dan tambak harus menanggung sejumlah kerugian, sebagaimana di jelas Muhammad Nur.

Hasil penelusuran penulis yang ikut didampingi Fakhrurrazi, S.Pd.I anggota Dprk Pidie Jaya dan Muhammad Nur dai Badan Penangulangan Bencana kesejumlah lokasi banjir di Pidie Jaya pada Sabtu 17 Januari 2015 mendapati beberapa titk sawah masih di genangi air, seperti di Gampong (Desa-red) Jurong Ara, Kecamatan Jangka Buya, Kabupaten Pidie Jaya.

Zainal Abidin salah seorang petani warga Desa Jurong Ara mengungkapkan kepada penulis ada sekitar 20 hektar lebih sawah tenggelam begitu banjir datang pada kamis malam, tambak di Desa Jurong Ara dan desa sekitar juga tenggelam, permatang dan batas tambak hilang dari penglihatan di tenggelami air yang banyak, jelasnya.

Zainal berharap pemerintah bisa membantu meringankan beban yang diderita petani walaupun tidak sepenuhnya.(Tarmizi A.Gani)

Check Also

Dinas kehutanan Provinsi Sumut selidiki banjir bandang di kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – akibat maraknya penebangan liar disekitar gunung lubuk raya, pihak Dinas Kehutanan Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *