Senin , 29 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Banjir Terjang Bireuen, Anggota DPRK Ini Turun Kelokasi

Banjir Terjang Bireuen, Anggota DPRK Ini Turun Kelokasi

Muchlis Rama Anggota DPRK Bireuen di Dampingi Camat Jeumpa Surya, S. Sos Turun Kelapangan Melihat Sejumlah Kerusakan Akibat Banjir (Foto, TARMIZI A. GANI)
Muchlis Rama Anggota DPRK Bireuen di Dampingi Camat Jeumpa Surya, S. Sos Turun Kelapangan Melihat Sejumlah Kerusakan Akibat Banjir (Foto, TARMIZI A. GANI)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Banjir di sejumlah kawasan di Bireuen akibat hujan deras sejak jumat malam (21/11/2014) telah mengakibatkan sejumlah kerusakan, baik itu milik pribadi warga atau sejumlah sarana dan prasarana umum, seperti jembatan, saluran dan jalan.

Hal ini terungkap saat penulis ikut serta bersama salah seorang anggota DPRK Bireuen Muchlis Rama ke beberapa desa di Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Sabtu petang 22 November 2014.

Diantara beberapa Desa (Gampong-red) yang kami kunjungi, Abeuk Usong, Kecamatan Jeumpa merupakan salah satu Desa yang juga rusak parah akibat terjangan banjir, beberapa rumah warga roboh.

Diantaranya rumah Marzuki Ahmad, rumah kak Syarbani, rumah Toke Tayeb dan beberapa rumah lainnya, bahkan ada warga yang sampai harus mengutip alat perlengkapan dapurnya di persawan karena di bawa arus banjir, sebut kepala Desa setempat M.Dahlan (Tgk Aji).

Selain itu, Jembatan penghubung antara Desa Abeuk Usong dengan Mon Mane yang di kenal warga dengan “Tutu Nek Bad” (Jembatan Nek Bad) ikut runtuh ke dasar alur sungai, sehingga ekses pulang pergi bagi warga menjadi sangat sulit, ungkap Muchlis Rama yang di dampingi Camat Jeumpa, pada penulis.

Kepala Desa Abeuk Usong M. Dahlan (Tgk Aji) menambahkan, tidak hanya itu, jalan Cot Bruek salah satu jalan alternatif yang sering di
gunakan pelajar untuk ke sekolah SMP dan SMK bahkan MIN dan SD juga rusak akibat arus banjir, jalan itu juga sering di gunakan warga
menuju jalan negara, demikian juga petani, terangnya, kami sangat – sangat mengharap agar pemerintah bisa memperbaiki jalan dan saluran yang sudah rusak.

Baik, Anggota DPRK Bireuen Muchlis Rama dan Camat Jeumpa Surya S. Sos yang di tanya tentang sejumlah gampong (Desa) yang menjadi langganan banjir semalam mengungkapkan, Kecamatan Jeumpa memiliki 42 Desa (Gampong-red) dengan 5 kemukiman, sebenarnya hampir semua Desa terimbas akibat banjir.

Namun beberapa desa kondisinya lumayan parah yaitu,Desa Abeuk Usong, Blang Seupeung, Mon Mane, Paloh Silimeng, Cot Iboeh, Kuta Meuligoe, Paloh Panyang, Blang Rheum, Tupok Tunong, Tupoek Baroeh, Pulo Lawang dan Blang Mee.

Bahkan menurut Camat Jeumpa di Desa Paloeh Panyang ada rumah yang runtuh akibat longsor saat hujan deras terjadi.

Usai berkunjung ke beberapa lokasi tersebut, Muclis Rama anggota DPRK Bireuen pemilihan dapil Jeumpa – Juli, kepada penulis menuturkan rasa hiaba yang mendalam atas apa yang harus di hadapi warga, kami dari pihak DPRK akan coba melakukan upaya – upaya agar dapat meringankan beban yang di hadapi masyarakat, kami juga akan coba ajak eksekutif untuk sama – sama mencari solusi untuk ini, ungkapnya prihatin. (Tarmizi /hasbi)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *