Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » BAPPEDA Pidie Gelar Bimtek RPJMG

BAPPEDA Pidie Gelar Bimtek RPJMG

13235
Bupati Kabupaten Pidie, Sarjani Abdullah, Saat Memberikan Sertifikat Kepada Para Peserta BIMTEK.

Pidie, Sidaknews.com – Dalam upaya menyiapkan dan mengembangkan tenaga pelaksana perencanaan yang memiliki wawasan serta ketrampilan analisis dalam penyusunan dokumen rencana kerja pembangunan jangka menengah gampong (RPJMG).

Maka pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pidie menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyusunan Rencana Kerja (RPJMG), Pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah bagi aparatur perencana Kabupaten Pidie.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Pidie, M. Adam, ST, selaku panitia menyampaikan ini dalam laporannya pada pembukaan kegiatan Bimtek Rabu, (18/02/2015).

Menurut,  M. Adam, kegiatan Bimtek yang dipusatkan di gedung olah raga (GOR) Pidie, selain menyiapkan tenaga pelaksana perencanaan yang memiliki ketrampilan menganalisis juga mampu mengaplikasikan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan ke dalam Rencana kerja anggaran dengan menggunakan aplikasi komputer serta menyususn kesepakatan bersama terkait tindak lanjut dari hasil pengendalian dan evaluasi yang dilaksanakan.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Bimtek ini kata M. Adam, selain tersusunnya Dokumen RPJMG dan RKPG mampu merumuskan program dan kegiatan yang berdampak kepada percepatan pencapaian indikator kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah GAMPONG (RPJMG) Kabupaten Pidie 2015 – 2017.

Dan Rencana Strategis (Renstra) SKPD serta mampu melakukan pengendalian dan evaluasi program/kegiatan yang dilaksanakan untuk menjawab kinerja RPJMG.

Bupati Kabupaten Pidie, Sarjani Abdullah, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa proses penyusunan, pengendalian dan evaluasi terhadap rencana pembangunan jangka menengah gampong (RPJMG) dan penyusunan rencana kerja pembangunan gampong (RKPG) dilakukan setiap tahun. Perencanaan pembangunan daerah ini dilaksanakan dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2010.

Menurut Bupati Sarjani, permendagri ini dimaksudkan guna menjadi acuan dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Gampoeng.dalam upaya mewujudkan sinergi perencanaan pembangunan tahunan antara perencanaan di tingkat daerah dan pusat, serta pedoman pengendalian dan evaluasi untuk menjamin konsistensi perencanaan terhadap berbagai regulasi yang mengaturnya.

Dia menambahkan, pengembangan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia perlu dirancang sungguh-sungguh sesuai kebutuhan SKPD. Untuk itu keikutsertaan SKPD dalam program perencanaan dapat memperkuat kapasitas instansi dalam menyusun berbagai dokumen perencanaan pembangunan.

Hadir pada kesempatan ini turut hadir Sekda Kabupaten Pidie, HT.ANWAR, dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Kabupaten Pidie. (FAUZAL HERMAN)

Check Also

Pantai Teluk Batu Bedaun Masih Alami

Bangka, sidaknews.com – Tempat rekreasi pantai batu bedaun kabupaten Bangka sering didatangi untuk berliburan melepaskan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *