Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Batik Khas Karawang Terus Dipromosikan

Batik Khas Karawang Terus Dipromosikan

Salah satu kain batik produk asli kabupaten Karawang.
Salah satu kain batik produk asli kabupaten Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Masyarakat luas, kerap mengidentikan penghasil batik di Jabar hanyalah Cirebon. Padahal tidak demikian, selain Cirebon, ada Karawang, yang juga penghasil dan memiliki batik khas. Sayangnya, keberadaan batik Karawang kurang terekspose, bahkan nyaris tak terpromosikan.

Adapun promosi yang dilakukan masih dalam skala kecil. Artinya, hanya dilakukan melalui pameran-pameran lokal dan kegiatan-kegiatan di dalam daerah.

Meski demikian, Pemkab Karawang tidak lantas berhenti sampai disana. Dalam hal memperkenalkan sekaligus melestarikan batik khas Karawang, pemkab setempat melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berupaya. Salah satunya dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) lewat Bidang Pendidikan Non Formal Informal (PNFI).

“Upaya kita, selain melalui pembinaan, pemakaian seragam berbahan batik Karawang dan pemasangan display, untuk mempromosikan sekaligus melestarikan batik khas Karawang adalah dengan mengikut sertakan perajin berikut hasil karyanya pada pameran-pameran,” ujar Kepala Bidang PNFI Disdikpora Karawang, Amid Mulyana, Selasa (11/11), di ruang kerjanya.

Kepala Bidang PNFI Disdikpora Karawang, Amid Mulyana
Kepala Bidang PNFI Disdikpora Karawang, Amid Mulyana.

Saat ini, kata Amid, ada kesempatan besar bagi Karawang untuk memperkenalkan batiknya ke khalayak luas, baik se-Jawa Barat maupun
nasional. “Sebuah event pameran berskala regional akan diselenggarakan di Bandung pada 29-30 November mendatang. Event itu namanya LKM Expo 2014.

Event itu merupakan hajatnya PNFI Jabar, yang di dalamnya merupakan ajang memamerkan kreativitas lembaga-lembaga kursus di bawah
binaan PNFI,” lanjut Amid.

Dalam event tersebut, papar Amid, pihaknya akan mengangkat batik khas Karawang, selain produk lain dari lembaga-lembaga keterampilan masyarakat (LKM) yang ada di Karawang.

“Mulai dari display stand, sampai pada saat divile, nantinya kita akan didominasi oleh batik khas Karawang,” ucapnya.
Diharapkan, kata Amid, malalui event tersebut, batik khas Karawang akan dikenal orang dan menjadi salah satu batik kebanggaan masyarakat Jabar.

“Salah satu perajin batik khas Karawang yang hingga kini masih bertahan adalah Bale Batik Taza Karawang. Motif batiknya adalah Pare Sagedeng dan Citaruman,” pungkas Amid. (ega)

Check Also

Pemkab Sergai Survey Harga Sembako di Pasar Tradisional

–Persediaan Sembako Selama Ramadhan di Sergai Aman Sergai, sidaknews.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *