Kamis , 25 Mei 2017
Home » Daerah » Makassar » Bawaslu dan Panwas Pidanakan Tiga Caleg

Bawaslu dan Panwas Pidanakan Tiga Caleg

Makassar,sidaknews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kembali mengancam akan mempidanakan partai politik maupun calon anggota legislatif (caleg) bila terbukti melakukan pelanggaran berkampanye diluar aturan atau jadwal yang sudah ditetapkan yakni 16 Maret hingga 5 April mendatang.

“Kalau ada parpol dan caleg terbukti melakukan kampanye diluar jadwal kami tidak segan- segan memprosesnya hingga menggiringnya ke meja hijau,”ujar Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi, Rabu (19/2).

Menurut Arumahi, saat ini sudah banyak laporan maupun temuan pelanggaran yang terjadi jelang pemilu legislatif. Dan pihaknya bersama Panwaslu sudah memprosesnya.

Arumahi mencontohkan, kasus pelanggaran kampanye yang masih diproses di Pengadilan Negeri (PN) Selayar dan sidang atas kasus pelanggaran kampanye atas nama Caleg DPR RI dari Partai Gerindra di PN Makassar.

Mantan wartawan ini menambahkan, pelanggaran didominasi oleh pemasangan atribut yang menyimpang.

Terpisah, komisioner Panwaslu Makassar, Agus Salim juga sedang memproses adanya caleg yang melakukan pembagian alat sosialisasi kampanye di dalam mesjid.

Ia mencontohkan, caleg DPRD Kota Makassar dari Partai Golkar Hj Saenab diduga kuat membagikan alat kampanye didalam mesjid Darul Ihlas.

“Hj Saenab disinyalir membagi bagikan alat peraga kampanye berupa kartu didalam mesjid,”ujar Agus, kemarin.
Atas laporan dan temuan tersebut, pihak Panwaslu Makassar akan melayangkan surat panggilan untuk memberikan kesempatan kepada Hj Saenab untuk memberikan klarifikasi. (BKM)

Check Also

Bupati Lutim, HM Thorig Husler Respon Pengembangan Agro Perkebunan

Makassar, sidaknews.com – Direktur Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir Bambang MM mengatakan begitu besarnya kontribusi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *