Kamis , 25 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » BDP Saree Demonstrasi Cara Tanam Jajar Legowo

BDP Saree Demonstrasi Cara Tanam Jajar Legowo

Fitrizal,SP memegang alat Caplak Sunjang Jajar Legowo dan Muhibbudin, SP Sedang Menunjuk Titi-titik Penanaman, (Foto, AHDAR)
Keterangan gambar: Fitrizal,SP memegang alat Caplak Sunjang Jajar Legowo dan Muhibbudin, SP Sedang Menunjuk Titi-titik Penanaman, (Foto, AHDAR)

SAREE,Aceh Besar,Sidaknews.com – Sering tidak efisien penanaman padi yang selama ini oleh petani padi sawah, disamping tidak hemat benih, juga penggunaan pupuk yang tidak efisien. Dengan adanya teknologi sederhana yang tepat guna melalui cara penanaman jajar legowo (jarwo), petani akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dalam usaha tani padi sawah.

Tim Balai Diklat Pertanian Saree melakukan demonstrasi penanaman jajar legowo di lahan seluas 50 Ha di Kampung Saree Aceh Kabupaten Aceh Besar (12/02/2015).

Jajar legowo adalah salah satu cara tanam pindah padi sawah yang mengatur setiap dua barisan tanaman dan diselingi deangan satu barisan kosong (legowo).

Tujuan cara tanam ini adalah untuk memanfaatkan radiasi matahari pada tanaman yang terletak di pinggir petakan, sehingga diharapkan seluruh tanaman memperoleh efek pinggir (border effect), memanfaatkan efek turbulensi udara yang bila dikombinasikan dengan sistem pengairan basah-kering berselang.

Maka dapat mengangkat asam-asam organik tanah yang berbahaya bagi tanaman dari bagian bawah ke bagian atas (menguap), meningkatkan kandungan karbon dioksida (CO2) dan hasil fotosintesis tanaman, memudahkan dalam pemupukan dan pengendalian tikus, dan meningkatkanpopulasi tanaman per satuan luas.

Kepala UPTB Balai Diklat Pertanian Saree Drh. Ahdar, MP yang juga ikut hadir pada demonstrasi cara tanam jajar legowo menyerahkan 1 unit alat Caplak Sunjang Legowo kepada salah seorang petani padi sawah, Tgk. Qamaruddin.

Harapan masyarakat setempat agar alat Caplak Sunjang Legowo dapat dibagi kesemua petani padi sawah setempat yang berjumlah 30 orang. Disamping itu tambah Tgk.Qamaruddin bahwa harapan untuk dijadikan kawasan “ Demfarm” di lahan sawah Saree Aceh seluas 50 Ha tersebut.(Tarmizi A.Gani)

Check Also

Pisah Sambut Walikota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Dengan hormat dan rasa terima kasih, kami berdua sampaikan kepada bapak H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *