Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bekas kader PAN, Patrialis Akbar dijamin MK bakal independen

Bekas kader PAN, Patrialis Akbar dijamin MK bakal independen

Bekas Kader PAN Patrialis Akbar Dijamin MK Bakal Independen
Bekas Kader PAN Patrialis Akbar Dijamin MK Bakal Independen.

Sidaknews.com – Mahkamah Konstitusi (MK) menepis tudingan sejumlah pihak yang meragukan kenetralan MK, dalam menggelar sidang perdana perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 9 Juli lalu.

Meski salah satu hakim yakni Patrialis Akbar dalam menyidangkan merupakan mantan kader Partai amanat nasional (PAN), MK memastikan kredibilitas lembaganya tetap terjaga.

“Ndak usah ragu dengan independensi kualitas hakim,” kata Sekretaris MK, Janedjri M Gaffar di ruang kerjanya, Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (4/8).

Janedjri menegaskan, lembaga yang dinaunginya bebas dari intervensi pihak luar. Termasuk desas-desus terkait posisi hakim Patrialis Akbar merupakan mantan kader partai politik.

“Cara lain menjaga independesi di MK. Disini Ada dewan etik. Kedua, persidangan MK akan digelar dalam sidang pleno terbuka umum. Siapapun boleh menyaksikan tetapi tidak perlu berduyun-duyun ke MK,” kata Janedjri.

Menurut Janedjri, dengan masyarakat bisa melihat persidangan PHPU ini secara terbuka. Maka, indenpendensi lembaga tertinggi negara ini tak perlu diragukan lagi.

“Ndak usah ragu dengan independensi dan imparsialitas,” pungkasnya.

Seperti diketahui, MK akan menggelar persidangan perdana perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 9 Juli lalu, yang diajukan Pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Persidangan itu akan digelar pada Rabu (6/8) mendatang.
(Sumber;Merdeka.com)

Check Also

Bupati Soekirman: Dengan Xpansi Kita Tunjukkan Kepedulian Pada Dunia Pendidikan dan Kelestarian Alam

*Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Xpansi, Sergai, sidaknews.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *