Senin , 27 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » Belajar Dari Suka Bumi, Kepala BP2KP Bireuen Manfaatkan Lahan Perkarangan Untuk Pelihara Ikan Lele

Belajar Dari Suka Bumi, Kepala BP2KP Bireuen Manfaatkan Lahan Perkarangan Untuk Pelihara Ikan Lele

Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Ir. Mursyid SP Menunjukkan Ikan Lele Yang Di Pelihara Di Kolam Terpal Di Belakang Kantornya ( Foto, TARMIZI A. GANI )
Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Ir. Mursyid SP Menunjukkan Ikan Lele Yang Di Pelihara Di Kolam Terpal Di Belakang Kantornya ( Foto, TARMIZI A. GANI )

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Ketahanan Pangan Kabupaten Bireuen Mursyid SP memanfaatkan lahan pekarangan untuk usaha pemeliharaan ikan lele sekuriang.

Pemeliharaan ikan lele sekuriang yang di lakukan Mursyid di belakang kantornya di Gampong Bireuen Mns Capa Kecamatan Kota Juang tersebut dengan menggunakan teknik kolam terpal.

Kepada penulis saat di temui di kantornya Jumat (13/11/2015) Mursyid mengatakan ide untuk membuat kolam terpal tempat pememeliharaan ikan lele sekuriang di belakang kantornya muncul ketika ia pergi membawa petani ke Suka Bumi Jawa Barat beberapa bulan yang lalu

“Ide pembuatan kolam terpal ini muncul ketika saya beberapa bulan yang lalu membawa petani ke Suka Bumi saya melihat masyarakat di sana memanfaatkan lahan perkarangan untuk membuat kolam terpal untuk tempat pemeliharaan ikan lele,”jelas Mursyid.

Dalam kesempatan tersebut kepada penulis ia juga ia menjelaskan bahwa pihaknya dari BP2KP Bireuen sudah membagikan bahan untuk pembuatan kolam terpal untuk kelompok yang ada di beberapa kecamatan di Bireuen seperti Jangka , Cot Bada , Simpang Mamplam dan beberapa kelompok lainnya untuk sebagai tempat pemeliharaan ikan lele.

“Di beberapa kecamatan sudah kami bagikan bahan pembuatan kolam terpal semoga bisa di gunakan untuk pemeliharaan ikan,”ujar kepala BP2KP Bireuen

Amatan penulis kolam terpal yang di buat kepala BP2KP Bireuen ini ukuran luas 2×3 meter ada tiga kulam terpal di belakang kantor tersebut dalam satu kolam terpal di isi oleh 1000 ikan lele jumbo dan sekuriang.(Tarmizi/Hasbi)

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>