Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Bintan Percontohan Paten Di Kepri

Bintan Percontohan Paten Di Kepri

HM.Sani Gubernur Kepri Bersama Ansar Ahmad Bupati Bintan
HM.Sani Gubernur Kepri Bersama Ansar Ahmad Bupati Bintan

BINTAN ,Sidaknews.com– Gubernur Kepri, H Muhammad Sani dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad meluncurkan penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) se-Kabupaten Bintan, Kamis (4/7). Peluncuran Paten tersebut ditandai dengan pemukulan gong.

Kabag Pemerintahan Setdakab Bintan, Nurizal, menjelaskan, Paten merupakan perwujudan komitmen Pemkab Bintan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pendelegasian sebagian kewenangan bupati kepada camat.
Di lain sisi, pendelegasian wewenang itu merupakan salahsatu upaya pemberdayaan kepada pemerintah kecamatan untuk melaksanakan kewenangan yang bersifat delegatif. Selain mengemban kewenangan yang bersifat atributif.
Gubernur Kepri, HM Sani yang meresmikan program ini menjelaskan, di Kepri baru Bintan yang menjalankan Paten. Ia berharap Paten bisa berjalan maksimal, sehingga bisa dicontoh kabupaten/kota lain di Kepri.
“Saya berharap bekerja dengan hati dan juga bekerjalah dengan tulus,” ungkap Sani.
Bupati Bintan, Ansar Ahmad, menjelaskan Paten menjadi standar pelayanan yang memberikan informasi secara transparan. Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Di lain hal, masyarakat juga bisa mengevaluasi kinerja pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Kami minta agar tim teknis terus mengevaluasi pelaksanaan sistam Paten ini. Agar seluruh pelayanan bisa diberikan secara sempurna dan optimal. Jika pelaksanaan maksimal, masyarakat akan puas,” ujar Bupati di Kantor Camat Bintan Timur.
Kebijakan penyelenggaraan Paten, sebut Ansar, dinilai sebuah langkah yang berarti dalam proses pembangunan. Terutama dalam mencapai pemerintahan yang bersih sesuai amanat Permenpan dan Reformasi Birokrasi nomor 60/2012, “Pemkab Bintan sudah jalankan ketentuan itu. Tinggal pelaksanaan saja,” kata Ansar.
Kabag Organisasi Setdakab Bintan, Ary Satia Dharma menambahkan, penyelenggaraan paten merupakan langkah strategis Pemkab Bintan dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi.
Camat Bintan Timur, Hasan, menyebutkan, ada 44 jenis pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dalam penyelenggaraan Paten itu. Bukan hanya berbentuk izin usaha, melainkan juga pengaduan lain yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
“Semua izin dan pengurusan administrasi kita berikan. Masyarakat tidak perlu bingung untuk pengurusan izin itu. Karena semua media informasi dan persyaratan sudah tersedia,” ujar Hasan.
Selain launching penyelenggaraan Paten, Pemkab Bintan menyerahkan insentif RT/RW dan LPM. Total insentif yang disalurkan sebesar Rp2,9 miliar untuk RT/RW. Sedangkan bantuan untuk LPM sebesar Rp10 juta per tahun. (Ton)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>