Minggu , 26 Maret 2017
Home » Berita Foto » Blusukan Ala KA. UPTD Kelautan dan Perikanan Kecamatan Kundur

Blusukan Ala KA. UPTD Kelautan dan Perikanan Kecamatan Kundur

-Data Dan Inventarisasi Wujudkan Program Perikanan di Kundur.

Keterangan Gambar: Kepala UPTD  DKP KUNDUR SYAHARUDDIN.Spi.
Keterangan Gambar: Kepala UPTD DKP KUNDUR SYAHARUDDIN.Spi.

Tanjungbatu,Sidaknews.com – Hampir menjabat 4 (empat) bulan menjabat sebagai Kepala UPTD Kelautan Perikanan Kecamatan Kundur. Syaharuddin, SPi, yang tidak perlu diragukan lagi didalam melakukan pembinaan kepada warga didalam hal perikanan, hingga berita ini ter-mediakan, masih diberi amanah oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Kab. Karimun, untuk membina para nelayan di Pulau Kundur.

Berbagai gebrakan, ilmu blusukan “ Ala Jokowi” sudah menjadi kebiasaan keseharian Syaharuddin, membina hubungan yang harmonis kepada para pembudi daya ikan dengan membicarakan berbagai program rencana kedepan, membahas cara yang baik membuat kolam, tambak, cara merawat kolam, memelihara berbagai bibit ikan dan atau udang yang berkwalitas dan bernilai jual tinggi, hingga sampai pada jenis makanan yang harus tersediakan fingga dewasa, kesemuanya tidak luput dari pembahasan rutin Syaharuddin.

Saat ditemui dikantornya Batu Lima Kundur Kamis ( 29/01 ), Syaharuddin, dengan beberapa orang Staff yang selalu setia menunggu kantor dengan ragam pekerjaan kedinasan, mengemukakan, selama melakukan pemantauan dan turun langsung kelapangan.

Sangat banyak permasalahan yang merupakan PR ( Pekerjaan Rumah ) bagi pihak UPTD Kelautan dan Perikanan Kec. Kundur, seperti diantaranya banyak pembudi-daya yang tidak tahu dimana harus membeli bibit dan sebagainya, dengan kehadiran Kita ( UPTD Kelautan dan Perikanan-Red ) yang secara rutin mendampingi para pembudi-daya tentu semua permasalahan dapat terpecahkan kata Syaharuddin.

Disamping Pelatihan per dua minggu yang secara rutin diadakan dengan para pembudi daya dengan banyak hal yang dibicarakan, saat ini Kita juga sedang memprogramkan pelatihan pengembangan budi daya ikan lele untuk skala rumah tangga.

Hal ini mengingat, untuk peternakan ikan lele tidak mutlak dilakukan ditanah, tetapi bisa juga menggunakan terpal yang dibentuk seperti kolam dimasing-masing rumah warga, seperti Syaharuddin mencontohkan, masyarakat yang mendapatkan bantuan program RTLH.

Sesungguhnya diruangan sudut tertentu dari rumah bantuan, bisa saja dibuat kolam dari terpal yang mampu panen untuk tiga kali pemeliharaan ikan, dan bagi warga yang memahami hal tersebut, jelas bisa menjadi penghasilan sampingan disamping aktifitas rutin yang lain untuk kesehariannya ujar Syaharuddin.

Lebih jauh menurut Syaharuddin, di Kundur Saat ini Kita sedang menumbuh-kembangkan pembinaan budi daya air tawar seperti lele dan jenis ikan lain serta pembudi dayaan air payau untuk jenis pemeliharaan ikan bandeng dan udang windu, dan kesemuanya itu telah di wujutkan, seperti jelas Syaharuddin, keberadaan Unit Pelayanan Pengembangan Kawasan Budi Daya Air Payau di Kecamatang ungar, tepatnya didusun Mandah, dan bahkan pada tanggal 10 bulan Februari tahun ini.

Kita rencana menebarkan bibit udang windu sebanyak 300 Ribu ekor diselingi dengan penebaran bibit ikan bandeng sebanyak 100 Ribu, dan kesemuanya itu merupakan bantuan benih dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri ucap Syaharuddin.

Semoga saja apa yang sedang dan telah diprogramkan oleh UPTD Kelautan dan Perikanan Kecamatan Kundur, yang selalu bahu-membahu dengan para pembudi daya perikanan, dapat terus bersinerji, sehingga secara berlahan tapi pasti.

Kundur secara keseluruhan dapat menjadi kawasan pembudi daya ikan dan menjadi contoh serta tempat belajar bagi warga daerah lain, yang tidak hanya mengandalkan hasil kekayaan laut semata ungkap Syaharuddin yang pernah menjadi Ka. UPTD Kelautan Dan Perikanan Kecamatan Moro tersebut. (Udo)

Check Also

Presiden RI, Ir. Joko Widodo saat memberikan pidato dalam penutupan Silatnas di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, sabtu (25/3).

Presiden Tutup Silatnas di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru

Mandailing Natal, sidaknews.com – Usai melakukan peresmian pembangunan asrama haji Mandailing Natal (Madina). Presiden RI, Ir …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>