Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bongkar Muat Pelabuhan Holiday Tampa Pengawasan Dinas Terkait

Bongkar Muat Pelabuhan Holiday Tampa Pengawasan Dinas Terkait

Keterangan Foto: Terlihat dalam gambar dua unit kapal yang sedang melakukan  Aktifitas bongkar muat tanpa pengawasan instansi terkait.
Keterangan Foto: Terlihat dalam gambar dua unit kapal yang sedang melakukan
Aktifitas bongkar muat tanpa pengawasan instansi terkait.

Tanjungbatu,Sidaknews.com – Suasana jalan diseputar pusat kota Tanjung Batu Kundur, dari mulai matahari terbit hingga menjelang matahari tenggelam, geliat kesibukan bongkar muat barang, mulai dari bahan material, sembako dan sebagainya dari berbagai jenis Kapal, terkesan memberikan PAD ( Pendapatan Asli Daerah ) yang cukup besar.

Namun kenyataannya dilapangan, bongkar muat tanpa pengawasan dari berbagai pihak yang terkait, seperti Unit Penyelenggara Pelabuhan, Bea Cukai jelas perlu dipertanyakan.

Anehnya, bongkar muat barang tanpa pengawasan yang telah berlangsung lama tersebut, tidak pernah dipermasalahkan oleh berbagai pihak, apa tidak mungkin dari berbagai barang yang dibongkar muat terdapat didalamnya barang-barang yang dilarang, illegal dan bertentangan dengan aturan hokum.

Demikian dikatakan Dolli ( 48 ) salah-seorang warga Tanjung Batu Kundur yang kebetulan tinggal dipinggiran pantai, Selasa ( 27/01 ) menjawab Wartawan, menurut Dolli, Baik Pemerintah Daerah, UPP maupun pihak Bea Cukai sepertinya kurang peka menyikapi permasalahan bongkar-muat yang terkesan tidak terkoordinir tersebut.

Padahal khusus bagi Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan atau UPTD Dispenda sewajarnya mendukung upaya Bupati Kabupaten Karimun didalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, bukan hanya duduk, ngopi sambil menunggu gajian bulan muda saja kata Dolli.

Begitu juga kepada aparat penegak hukum yang lain seperti UPP dan pihak Bea Cukai hendaknya saling berkoordinasi serta besinerji dengan Pemerintah Daerah, bukan hanya bekerja sendiri-sendiri atas nama institusi saja jelas Dolli.

Lebih jauh menurut Dolli, siapa pihak yang bisa menjamin, bahwa barang yang datang dan pergi dari Tanjung Batu Kundur semuanya barang yang tidak bermasalah, jika diseleksi secara akurat, apa tidak mungkin ada barang yang disinyalir bermasalah dan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Seperti KM. Licia yang membawa sembako dari Tanjung Batu Kundur ke Pulau Muda Kabupaten Pelalawan, begitu juga dengan Pengusaha Asal Moro Anik, dengan dua unit Kapal yang secara bergantian untuk setiap harinya melakukan bongkar-muat barang yang juga tanpa pengawasan Dinas serta Instansi terkait ujar Dolli.

Yang lebih menjadi tanda-tanya, adanya bongkar-muat berbagai jenis barang sembako dilakukan pada malam hari tanpa pengawasan dari berbagai pihak yang berkompiten, seperti Toko Bandung Jaya dan toko lain yang ada di sekitar pinggiran pantai ucap Dolli.

Ditempat yang sama, Endi ( 36 ) bukan nama sebenarnya, salah-seorang Pegawai Dinas Pemkab. Karimun, saat diminta komentarnya mengemukakan, bongkar-muat barang tanpa pengawasan, pembongkaran dimalam hari, melangsir barang ke kapal lain sebelum barang sempat diturunkan ke daratan, kesemuanya sudah menjadi pemandangan biasa di seputaran pusat kota Tanjung Batu.

Memang benar, banyak pihak yang mempertanyakan keberadaan bongkar muat tanpa pengawasan tersebut, tetapi se-iring berjalannya waktu, hingga saat ini, tidak ada satupun Dinas, Badan maupun Instansi yang secara kedinasan turun melakukan monitoring, padahal jika Pihak yang mempunyai keterkaitan dalam haL Tupoksi jeli menyikapi permasalahan bongkar muat yang dimaksud, sangat diyakini kontribusi kepada Daerah bahkan Negara akan dapat membantu pembangunan Daerah.

Pantauan Wartawan dilapangan, apa yang dikeluhkan oleh warga, dengan kenyataan yang terlihat, ada benarnya, bongkar muat tanpa pengawasan dari pihak Dinas, Badan serta Instansi terkait selain di Dermaga besar, tidak terlihat adanya Aparat Pemerintah, dan sangat dihimbau kepada berbagai pihak yang ada keterkaitan dengan Tupoksi untuk menyikapi permasalahan bongkar-muat yang dimaksud. (Udo)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *