Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » BPBD Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

BPBD Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

SAMBUTAN WAWAKO
Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Memberikan Kata Sambutan Sekaligus Membuka Acara.

Tanjungpinang, Sidaknews.com – Bertempat di Ballrom Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Selasa (11/11). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana di Kota Tanjungpinang tahun 2014.

Pada kegiatan sosialisasi ini, BPBD Kota Tanjungpinang mengikut sertakan elemen masyarakat di setiap Kelurahan, Kecamatan serta Aparatur pemerintah kota tanjungpinang.

Dikesempatan ini, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, mengatakan bahwa”seiring dengan pembangunan Kota Tanjungpinang yang semakin pesat, banyak perubahan yang terjadi, baik fisik maupun ruang wilayah, selain itu juga, ahli fungsi lahan dan hutan yang tidak sesuai peruntukan dilakukan dengan cara tebang bakar, hal ini tentunya akan mengakibatkan rawan bencana yang mengganggu jalannya kehidupan masyrakat.”TuturSyahrul dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut.

Dikatakannya lagi, tugas dan fungsi BPBD kota tanjungpinang memang banyak, mulai dari sosialisasi pencegahan bencana, informasi tanggap bencana, kesiapsiagaan penyelamatan, sampai pada rehabilitasi serta rekontruksi kawasan pasca bencana yang semuanya bertujuan sebagai pengurangan resiko bencana serta mengedepankan pelayan publik yang lebih memproritaskan masyarakat.

Hal itu untuk meningkatkan kerjasama antar pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

PESERTA (4)
Para Peserta.

Dengan dilaksanakan sosialisasi ini, diharapkan dapat terbentuknya masyarakat tanjungpinang yang siaga bencana dan tangguh dalam menghadapi bencana, serta dapat menambah pengetahuan dan memperbaharui inovasi dalam menghadapi bencana yang mungkin semuanya dapat terjadi diluar dugaan kita,” kita pasti tidak menginginkan adanya bencana di daerah kita, namun terkadang bencana tersebut datang diluar jangkauan kita, setidaknya dengan sosialisasi ini kita dapat mengantisipasi akan hal-hal yang akan terjadi nantinya, sehingga dapat meminamilisir bencana yang terjadi di kota tanjungpinang “ imbuhnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, S.Sos, MM menyampaikan laporannya, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Dijelaskan lagi, kegiatan ini diikuti sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari elemen masyarakat disetiap kelurahan, kecamatan serta aparatur pemko tanjungpinang, terdiri dari 59 orang perwakilan kelompok masyarakat, 39 orang aparatur pemerintah kelurahan dan kecamatan, serta 3 orang dari BPBD kota tanjungpinang. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11 November s.d 13 November 2014.”terangnya.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari BPBD Provinsi Kepri, BNPB Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Direktorat Pengurangan Resiko Bencana pusat, serta Badan SAR Nasional kota tanjungpinang.
Turut hadir pada kegiatan ini, Staf ahli Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Drs. Mekhwanizar, MM, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota tanjungpinang, Drs. H. Ahadi, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, SKM, M.si , Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Drs. H. M. Juramadi Esram, MT ,Camat, serta Lurah di lingkup pemko tanjungpinang. (Erva/Mela)

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>