Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Budi Gunawan Calon Kapolri Pilihan Jokowi Jadi Tersangka di KPK

Budi Gunawan Calon Kapolri Pilihan Jokowi Jadi Tersangka di KPK

Komjen Pol Budi Gunawan.
Komjen Pol Budi Gunawan.

JAKARTA – Apa kata kehendak, nasi sudah jadi bubur. Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang dicalonkan Presiden Jokowi Sebagai Nomor satu di Polri, beliau sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengumuman penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad.

“Komjen BG tersangka kasus Tipikor saat menduduki Kepala Biro Kepala Pembinaan Karir. Sebagai tersangka kasus transaksi mencurigakan dan telah ditemukan dua alat bukti sehingga bisa dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan,” ujar Abraham dalam keterangan pers di kantor KPK, di Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Abraham mengatakan, penyidik KPK memulai penyelidikan transaksi tak wajar tersebut sejak Juli 2014.

Budi Gunawan sendiri menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir pada periode 2004-2006 usai menjabat sebagai ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri 2001-2004.

Nama Budi Gunawan sendiri kini sudah sampai di DPR RI setelah pada 9 Januari 2015 diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal pengganti Kapolri Jenderal Sutarman. Bahkan, dalam sidang paripurna DPR RI kemarin, surat Presiden Jokowi tersebut telah dibacakan.

Menyusul pengusulan namanya sebagai calon Kapolri, berbagai protes dari masyarakat penggiat antikorupsi mengemuka. Pasalnya, Budi diduga terkait dengan dugaan pemilikan rekening gendut yang pernah diungkap PPATK beberapa tahun lalu. Namun, dalam berbagai kesempatan, baik Polri maupun Budi sendiri telah membantah ketidakwajaran rekening perwira tinggi tersebut.

(sumber:nias satu)

Check Also

Dandim Pimpin Pelepasan Kasdim 0111 Bireuen

Bireuen, sidaknews.com – Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, memimpin acara pelepasan Kasdim Mayor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *