Kamis , 25 Mei 2017
Home » Daerah » Babel » Bukan Tidak Mungkin Kedepanya Belitung Kekurangan Air Bersih

Bukan Tidak Mungkin Kedepanya Belitung Kekurangan Air Bersih

Bukan Tidak Mungkin Kedepanya Belitung Kekurangan Air Bersih
Ilustrasi

Tanjungpandan, Sidaknews.com – Erwinta Djamaludin selaku Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Belitung mengatakan kekhawatiranya Belitung akan kekurangan air bersih 20 tahun atau 30 tahun mendatang.

Ini dikarenakan menyusul banyaknya pertumbuhan industri dan Hotel di Kabupaten Belitung. Apalagi Belitung merupakan daerah Tambang Timah.

”Jika misalnya semua industri menggunakan air tanah, bukan tidak mungkin air tanah akan habis,” jelas Erwinta kepada Sidaknews.com, (12/6) kemarin.

Jadi harus ada peraturan mengenai pemakaian air tanah ini. Erwinta mengetahui selama ini apakah ada peraturan yang mengatur mengenai penggunaan air tanah untuk industri ini. Apakah penggunaan air tanah yang 50 hingga 100 meter untuk industri ada retsibusinya untuk Daertah. Kecuali penggunaan sumur yang hanya beberapa meter saja yang tidak mencapai lapisan terdalam.

”Kita tidak tahu selama ini itu ada. Kalau penggunakan air tanah ada restrbusinya pemda bisa mengatur,” katanya.

Ketika para awak Media menanyakan selain penggunaan air tanah,apa seharusnya yang bisa menjadi penggantinya. Sembari tersenyum Erwanta mengatakan,” harusnya mereka kembali ke PDAM. Kan dua-duanya mereka bayar,”ujarnya.

Penggunaan air tanah yang tidak diatur bisa jadi membuat Belitung krisis air puluhan tahun kedepan.” Mereka bisa saja menggunakan air tanah, cuma dalam kondisi besar akan mempengaruhi air tanah kita. Terlebih klau setiap hari disedot belum lagI dari Perkebun sawitnya,” pungkas Erwanta.

Pada waktu pertemuan dengan Pengkab Bantul pada hari yang sama diruang rapat. Bupati Belitung, Erwinta mengatakan PDAM Belitung saat ini sedang dilema. Dilema itu dikarenakan sumber air PDAM yang merupakan kolong yang mudah tercemar dengan adanya aktivitas Tambang.

Kemudian pelanggan PDAM masih minim dikarenakan masyarakat masih menggunakan air sumur. Sedangkan air sumur rata-rata dalam kondisi baik dan tidak tercemar. (Andama)

Check Also

Pemkab Sergai Survey Harga Sembako di Pasar Tradisional

–Persediaan Sembako Selama Ramadhan di Sergai Aman Sergai, sidaknews.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *