Kamis , 23 Maret 2017
Home » Daerah » Babel » Bupati Beltim: Melalui Promosi Wisata Dongkrak Ekonomi Rakyat

Bupati Beltim: Melalui Promosi Wisata Dongkrak Ekonomi Rakyat

Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama.
Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama.

BELITUNG,Sidaknews.com – Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama mengatakan, makna penyelenggaraan Sail Indonesia Raja Ampat-Belitung Timur tahun 2014 ini, agar para wisatawan dapat lebih mengenal Pulau Belitung khususnya beltim yang kaya akan wisata alam, wisata bahari dan wisata sejarahnya.

Hal ini merupakan salah satu program yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

“Kita ingin wisatawan yang datang dapat lebih mengenal daerah kita dengan menikmati ragam wisata yang menarik, termasuk mengenal budaya kita dengan keramahtamahan masyarakatnya dan mereka merasa nyaman selama berada di beltim.

Untuk itu, kami siap untuk menyambut kedatangan kapal yacht yang dinahodai pelaut-pelaut dunia dan tentunya kami siap menyukseskan acara ini,” kata Basuri.

Persinggahan kapal yachter menurut Basuri dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Belitung khususnya Beltim.

“Kedatangan para wisatawan jelas akan berpengaruh positif. Dengan adanya sail ini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan melambungkan pulau belitung sebagai salah satu destinasi wisata. Saya berharap penyelenggaraan sail ini mampu memberikan manfaat positif terutama bagi masyarakat Beltim,” harap Basuri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Helly Chandra mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam Sail Indonesia Raja Ampat-Belitung Timur tahun 2014, pada 10-14 Oktober mendatang.

Ia berharap masyarakat bBeltim tidak hanya menjadi penonton, namun dapat ambil bagian di dalamnya. Seperti menyiapkan air bersih untuk dijual ke para yachter, menyewakan mobil atau kendaraannya, menjadi ojek, pemandu, mencuci perlengkapan, atau ikut menjual sesuatu pada bazar yang diberlangsung selama kegiatan sail.

“Prinsipnya, pemkab hanya memback up, jika masyarakat tidak siap pemkab yang memback up. Kita serahkan peluang bisnis ini ke masyarakat, jadi tergantung mereka melihat kesempatan yang ada. Kita hanya berusaha memberdayakan ekonomi kreatif masyarakat,” kata Helly kepada Pos .Media, Senin (6/10/2014).

Sebanyak 36 yacht dari 52 yacht sudah terdaftar untuk datang ke Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Beltim, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam even Sail Indonesia Raja Ampat-Belitung Timur tahun 2014 pada 10-14 Oktober mendatang.

Diperkirakan, beberapa hari lagi tiba di perairan Beltim setelah sebelumnya melabuhkan jangkar di Pulau Karimun Jawa dan Kumai Kalimantan.

Kepala Disbudpar Beltim Helly Chandra kepada Pos Belitung Senin (6/10), optimis kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerah.

“Selain menampilkan even, kita akan memberikan para yachter sertifikat, voucher 100 liter BBM perkapal, free beer, souvenir, dan sim card voucher senilai 50 ribu. Kita juga akan mendrop mereka untuk datang ke sekolah-sekolah berbagi cerita dan pengalaman dengan para siswa sekolah.

Para yachter juga akan diajak untuk menanam pohon dan menjual sampah mereka pada Bank Sampah. Jadi pada event ini ekonomi kreatifnya ada, sosial ada, kegiatan terkait dengan penghijauan lingkungan juga ada,” kata Helly.(Ans)

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>