Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bupati Buka Pameran Gizi dan Kesehatan Mahasiswa Universitas MH. Thamrin

Bupati Buka Pameran Gizi dan Kesehatan Mahasiswa Universitas MH. Thamrin

Bupati Purwakarta
Bupati Purwakarta Buka Pameran Gizi dan Kesehatan Mahasiswa Universitas MH.Thamrin.

PURWAKARTA,Sidaknews.com – Tingkat gizi bukan diukur dari mahal harganya makanan, akan tetapi bagaimana peran orang tua dalam menyiapkan makanan yang sehat terhadap anak – anaknya. Demikian salah satu petikan sambutan Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi,SH., dalam pembukaan pembukaan pameran gizi dan kesehatan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi DIII Gizi Fakultas Kesehatan Universitas MH. Thamrin dalam kegiatan penutupan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Senin (26/5).

Dalam sambutan pembukaannya, Dedi mengungkapkan bahwa bergizinya makanan bukan diukur dari harga makanannya, tetapi jenis makanan apa yang dikonsumsi anak – anak setiap harinya. Sehingga kedepan peran orang tua sangat dibutuhkan terutama dalam menyediakan makanan bagi anak – anaknya.

“Gizi yang cukup bukan makanan yang mahal, akan tetapi protein yang cukup, kesini saya lihat ada perubahan anak – anak banyak mengkonsumsi bukan makanan ibunya, dia mengkonsumsi makanan jajanan, jajanan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kadar protein dan kadar kesehatannya, sehingga kebijakan saya yang melarang di sekolah ada kantin dan sejenisnya itu saya ingin menyelematkan generasi muda Purwakarta, kenapa karena anak – anak ini saya lihat tingkat kunjungan anak – anak ke dokter tinggi mulai dokter praktek, dokter rumah sakit dan dokter puskesmas cukup tinggi, daya tahan tubuhnya rendah artinya ada suplai makanan yang buruk, siapa yang bertanggung jawab tentu saja orang tua, maka ibunya berkewajiban setiap hari menyiapkan makanan yang baik sehingga lahir anak – anak yang tubuhnya kuat dan vitalitas tubuhnya terjaga.” ungkapnya.

Dedi pun menambahkan bahwa, dirinya sedang melakukan terobosan dalam dunia pendidikan di Purwakarta, diantaranya adalah dimana sekolah mengajarkan pendidikan aplikatif sehingga siswa bisa menghasilkan sebuah produk.

“Sekolah jangan mengajarkan pelajaran yang tidak bermanfaat tapi membiarkan yang bermanfaat, pelajaran membuat bakakak itu bermanfaat tapi tidak ada sekolah yang mengajarkan, pelajaran menanak nasi dengan tungku itu bermanfaat tetapi tidak diajarkan disekolah, padahal ajarkan secara sederhana saja sehingga anak sekolah itu ada produknya bukan melahirkan anak yang konsumerisme dan ini salah satu revolusi pendidikan yang saya lakukan di Purwakarta.” tuturnya.

Sedangkan menurut salah satu pembimbing PKL Mahasiswa yang juga Dosen MH. Thamrin , Slamet Santosa, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 4 minggu, diisi oleh penyuluhan gizi, pelayanan gizi dan kesehatan, sedangkan untuk kegiatan sendiri difokuskan di empat Desa di Kecamatan Cibatu.

“ acara ini dilaksanakan selama empat minggu, dengan empat desa yaitu Ciparung Sari, Karyamekar, Cilandak dan Cibatu, untuk kegiatan sendiri diisi oleh penyuluhan dan pelayanan kesehatan dan gizi yang difokuskan kepada ibu menyusui, bidan, remaja, siswa dan ibu – ibu pengajian dengan menekankan pada pola gizi yang seimbang, untuk mahasiswa sendiri yang mengikutinya sebanyak 27 mahasiswa dari Fakultas Gizi MH. Thamrin.” ujarnya.

Slamet pun menambahkan bahwa kegiatan ini, telah memasuki tahun kesepuluh, karena sebelumnya sudah sepuluh kecamatan yang diisi oleh kegiatan PKL oleh Mahasiswa MH. Thamrin.

“Kami mengapresiasi baik Pemkab maupun masyarakat sekitar, karena kegiatan ini sudah berjalan selama sepuluh tahun dimana setiap tahunnya para mahasiswa melaksankan tugasnya di setiap kecamatan di Purwakarta.”, pungkasnya.

Selain diisi oleh pameran kesehatan dan gizi, kegiatan sendiri diisi oleh berbagai hasil kerajinan dari masyarakat, kegiatan sendiri dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Cibatu, serta beberapa Pejabat Eselon II,III dan IV.(ega nugraha)

Check Also

Pemkab Sergai Survey Harga Sembako di Pasar Tradisional

–Persediaan Sembako Selama Ramadhan di Sergai Aman Sergai, sidaknews.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *