Home » Berita Foto » Bupati Dedi: Petani Japung Harus Warga Lokal

Bupati Dedi: Petani Japung Harus Warga Lokal

Keterangan Foto: Bupati Purwakarta, H.Dedi Mulyadi.
Keterangan Foto: Bupati Purwakarta, H.Dedi Mulyadi.

Purwakarta,Sidaknews.com – Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menargetkan penertiban jaring terapung bisa menarik dan mengangkat seluruh keramba japung yang ada di perairan waduk jatiluhur ke darat. Baru kemudian dilakukan inventarisasi kepemilikan dilihat dari izinnya.

Langkah ini dilakukannya agar pemilik japung yang berasal dari petani lokal warga sekitar waduk, bisa diprioritaskan terlebih dulu. Dedi beralasan jika keberadaan usaha jaring terapung sebenarnya diperuntukkan awalnya bagi warga sekitar waduk yang terkena imbas pembangunan waduk jatiluhur itu sendiri.

“adanya waduk jatiluhur ini kan berkat mereka terutama warga sukasari yang bersedia tempat tinggalnya direndam air sebesar ini. Jadi sudah waktunya, mereka merasakan manfaat waduk ini untuk digunakan usaha jaring terapung” jelas Dedi.

Namun menurut Dedi, selama ini kepemilikan japung di waduk jatiluhur sebagian besar dikuasai oleh pengusaha-pengusaha besar. Tak tanggung, satu pemilik menurut Dedi bisa menguasai hingga 2 ribu keramba. Lebih parah, petani lokal keberadaanya tersisihkan sehingga mereka terpaksa berada di zona terlarang dari 5 zona resmi yang diperbolehkan.

Untuk itu, pihaknya kedepan bakal selektif mengeluarkan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP). Tentunya berkoordinasi dengan pihak PJT II Jatiluhur yang berwenang mengeluarkan Surat Izin Penggunaan Lahan Sementara (SIPLS) berupa lahan perairan untuk Jaring Terapung.

“Bila perlu kita akan bantu petani lokal dari permodalan, tapi jangan juga kemudian izinnya itu diperjualbelikan oleh petani lokal ke pengusaha besar. Kita siapkan aturannya, bila perlu untuk mengeluarkan payung hukumnya” tambah Dedi.

Namun yang jelas menurut Dedi, pihaknya fokus terlebih dulu dalam penertiban yang tentunya memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, terutama PJT II Jatiluhur dan pihak TNI Polri.(karla@.hms)

Check Also

spanduk bakti sosial donor darah gabungan di aula lurah kijang.

UN Swissindo Gelar Bakti Sosial Donor Darah Gabungan di Kijang

Bintan, sidaknews. com – Dalam rangka Bulan Bakti Sosial, UN Swissindo bekerjasama dengan PMI Kepri …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>