Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Bupati Purwakarta resmikan Pondok Pasantren Tarbiyah Islamiyah MTSN

Bupati Purwakarta resmikan Pondok Pasantren Tarbiyah Islamiyah MTSN

Bupati Purwakarta
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.SH dan Direktur Madrasah tampa sedang menandatangani Prasasti. Dok.Sidaknews.com

PURWAKARTA,sidaknews.com – Sekolah harus sudah bisa memberikan pendidikan yang lebih aplikatif terhadap siswanya, sehingga siswa lebh mempunyai banyak kegiatan sehabis pulang sekolah, dari pada waktunya dihabiskan dengan bermain.

Demikian salah satu sambutan Bupati Purwakarta Jawa Barat, H. Dedi Mulyadi,SH., dalam peresmian Pondok Pasantren Tarbiyah Islamiyah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Purwakarta. Senin (24/2) di halaman Ponpes Tarbiyah Islamiyah.

Selain dihadiri oleh Bupati Purwakarta, turut hadir Direktur Madrasah Jawa Barat, Prof.DR.Phil.M Nurcholis Setiawan, MA, Kanwil Kementrian Agama Jawa Barat, Drs. H. Sairoji, MM, Kepala Kementrian Agama Purwakarta, H. Qadar Slamet, Kepala Disdikpora Purwakarta, DR. H. Andrie Chairul, M.Sc, beberapa Pejabat eselon II dan III, Kepala Sekolah,guru serta para siswa MTS Negeri Purwakarta.

Dedi mengungkapkan, bahwa pendidikan harus bisa memberikan nilai aplikatif bagi siswa dikehidupannya, sehingga dirinya mendorong agar sekolah sudah bisa membangun nilai – nilai tersebut kepada siswa.

“hari ini saya mendorong sekolah – sekolah untuk lebih mengajarkan hal – hal nilai kehidupan secara rill yang menjadi tradisi hidup masyarakat, sehingga ada nilai yang harus diajarkan pada tema – tema pembangunan dan pendidikankepada kita.

Dan pendidikan harus lebih aplikatif jadi saya katakan sudah semestinya anak – anak kita diaplikatifkan dengan seluruh nilai di masyarakat dalam pendidikannya dan sekolahlah yang menjadi awal membangun nilai aplikatif tersebut.”, ungkapnya.

Dedi pun menambahkan apabila nilai aplikatif diajarkan pada siswa, maka tidak lain siswa akan bisa membantu orang tuanya ketika pulang kerumah,dengan ilmu yang telah dipelajarinya.

“ kalau anaknya mempelajari ilmu biologi disekolahnya dan kemudian ibunya mendalami di pertanian sudah semestinya pertanian ibunya mengalami peningkatan produktifitas dan kualitas pertanian karena anaknya sudah mempelajari sehingga bisa mengajarkan mikro organisme dan lain – lain.

Dan bidang ekonomi anak – anak bisa membantu produktifitas dan perekonian keluarga dengan membantu orang tuanya diwarung ataupun di toko, sehingga anak – anak hari ini mulai aplikatif dan sudah semestinya anak – anak kita berikan kegiatan dengan membantu orang tuanya itulah nilai aplikatif yang bisa dibawa anak – anak dalam kehidupan dimasyarakatnya.”, tuturnya.

Pada kesempatannya juga, Dedi mengapresiasi Tsanawiyah negeri, yang mampu menjalankan epic pendidikan secara aplikatif, dimana sekolahnya bersih dan tertata dengan baik dan dirinya berharap Tsanawiyah Negeri bisa menghasilkan siswa yang aplikatif.

Sedangkan menurut Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwakarta, Drs. Jarirudin, M.Pdi menuturkan, bahwa pesantren seluas 2000 meter persegi ini nantinya akan menampung 108 orang siswa dengan 18 ruangan serta satu aula.

“ menjadi tempat pembinaan spiritual dan mental siswa secara ilmu keagamaan dan keilmuan dan siswa ini kedepannya bisa hafal juz ke 30, untuk siswa sendiri yang akan belajar disini yang diutamakan adalah siswa kelas 1,2 dan sebagian kelas 3 yang akan efektif pada bulan Maret nanti dan kita juga bersyukur bahwa sekolah ini menjadi sekolah percontohan di Jawa Barat.”, ungkapnya.

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah sendiri diresmikan secara langsung, oleh Bupati Purwakarta dan Direktur Madrasah dengan menandatangai prasasti.(ega nugraha)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>