Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bupati Sergai Soekirman, Perlu Dilakukan Berbagai Upaya Terpadu Guna Peningkatan Kualitas Anak

Bupati Sergai Soekirman, Perlu Dilakukan Berbagai Upaya Terpadu Guna Peningkatan Kualitas Anak

 Keterangan Foto: SAMBUTAN : Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si tengah memberikan sambutan pada acara  Fasilitas Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dilaksanakan di Balai Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Kamis (26/3)

Keterangan Foto: SAMBUTAN : Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si tengah memberikan sambutan pada acara Fasilitas Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dilaksanakan di Balai Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Kamis (26/3)

-Fasilitasi KLA Kabupaten Sergai Tahun 2015.

Sergai,Sidaknews.com – Anak adalah potensi yang sangat penting, generasi penerus bangsa, tentu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional sehingga perlu dilindungi sekaligus dipenuhi hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang dalam suatu lingkungan yang layak terhadap anak.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si dihadapan ratusan peserta Fasilitasi Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dilaksanakan di Balai Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Kamis (26/3).

Turut hadir dalam acara Kepala PPAKB Irwani Jamilah SH, Camat Sei Bamban Imran Doni Fauzi SE, Kepala Desa Sei Bamban A Sihotang SH, Nara Sumber Direktur Eksekutif Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Provsu Misran Lubis.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan hal ini tidak akan terwujud dengan sendirinya bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa kepedulian dan keikut sertaan baik pemerintah, organisasi, orang tua dan seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu pembinaan dan pengembangan perlu dilakukan sedini mungkin dengan mengimplementasikan melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada pemenuhan hak dan kepentingan serta kesejahteraan anak.

“Diutarakan oleh Bupati Soekirman bahwa kita sering dihadapkan pada berbagai masalah yang menghawatirkan terhadap kondisi sosial anak, dimana kita sering mendengarkan anak-anak menjadi korban perdagangan anak, eksploitasi seksual, korban kekerasan, anak terlantar, giji buruk, angka kematian bayi tinggi dan banyak lagi permasalahan lainnya yang kesemuanya ini dapat mempengaruhi perkembangan kualitas anak secara langsung maupun tidak langsung”, ungkap Soekirman.

Untuk mewujudkan desa layak anak di Kabupaten Sergai perlu dilakukan berbagai upaya menyatukan sumber daya secara terus menerus dan terpadu, perlindungan dan meningkatkan kualitas anak sejak proses perencanaan dan menerapkan dalam pembangunan seperti bidang kesehatan, pendidikan, infrastrukktur, lingkungan hidup dan pariwisata harus terus digalakkan baik secara lansung maupun tidak langsung, jelas Bupati Sergai.

“Bupati Soekirman mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar mensukseskan kegiatan untuk anak dan remaja dengan pemenuhan kebutuhan hak anak, sesuai dengan aturan dasar hak anak yang mencakup 5 kelompok hak anak yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, perlidungan khusus”. pungkas Bupati Soekirman.

Sebelumnya laporan dari ketua Panitia Kepala PPAKB Irwani Jamilah, SH tujuan kegiatan KLA ini adalah sebagai sarana untuk memperoleh pemahaman dan kesamaan, persepsi serta komitmen tentang KLA untuk melakukan kerjasama secara sinergi antara lembaga-lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta dan dunia usaha, tokoh masyarakat pemerhati anak dan lain-lain.

Sehingga nantinya diharapkan dapat melahirkan suatu kebijakan yang mengintegrasikan sumber daya, perlindungan dan peningkatan kualitas anak dalam perencanaan dan menerapkan pembangunan di Kabupaten Sergai.(RB)

Check Also

Indonesia Perlu Belajar Toleransi Dari Keberagaman di Sipirok

Sipirok, sidaknews.com – Keberagaman merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari sebuah wilayah dalam suatu negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *