Home » Berita Foto » Bupati Soekirman Tutup MTQ XI dan FSN XII Kabupaten Sergai

Bupati Soekirman Tutup MTQ XI dan FSN XII Kabupaten Sergai

-Kecamatan Perbaungan Raih Juara Umum.

Teks Photo : TROPHY dan HADIAH : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi  Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kajari Sei Rampah Erwin panjaitan, SH menyerahkan trophy dan hadiah kepada terbaik I pada acara penutupan MTQ ke-XI dan FSN ke-XII di alun-alun kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Sabtu malam (28/3)
Teks Photo :
TROPHY dan HADIAH : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kajari Sei Rampah Erwin panjaitan, SH menyerahkan trophy dan hadiah kepada terbaik I pada acara penutupan MTQ ke-XI dan FSN ke-XII di alun-alun kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Sabtu malam (28/3)

Sergai,sidaknews.com – Musabaqah Tiilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI dan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-XII tahun 2015 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang berlangsung sejak 25 Maret lalu di alun-alun kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan pada Sabtu malam (28/3) secara resmi telah ditutup oleh Bupati Ir. H. Soekirman.

Hadir pada perhelatan akbar tersebut Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Wakil Ketua DPRD Drs. H Abdul Rahim, Kasdim 0204/DS Mayor.Inf. Thamrin Hasibuan, Wakapolres Sergai Kompol Ricky Kertapati, Kajari Sei Rampah Erwin Panjaitan,SH, para Anggota DPRD Sergai, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Kakan Kemenag H. David Saragih, Ketua FKUB Drs. H. Irfan El Fuadi Lubis.

Dan para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, para Dewan Hakim, tokoh masyarakat, tokoh agama serta ribuan masyarakat dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Sergai.

Penutupan MTQ dan FSN sangat meriah yang ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Soekirman beserta unsur FKPD serta penurunan bendera khusus MTQ dan FSN serta diwarnai dengan penyerahan trophy dan piala bergilir dengan disaksikan ribuan pengunjung.

Acara yang berlangsung selama empat hari tersebut berjalan sangat meriah penuh semangat dari para pendukung Kecamatan masing-masing, terutama Kecamatan Perbaungan dengan keberhasilannya meraih juara umum untuk MTQ dan FSN serta berhak memboyong piala bergilir dari Bupati Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada kesempatan itu mengatakan kegiatan MTQ dan FSN merupakan agenda rutin Pemkab Sergai setiap tahunnya bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam di tanah bertuah negeri beradat ini dan juga dalam rangka mendukung program nasional dalam bidang keagamaan.

Sejalan dengan upaya mewujudkan masyarakat yang religius serta kompetitif maka Pemkab Sergai akan senantiasa berupaya menyelenggarakan event-event yang bersifat keagamaan. Disamping itu juga berupaya mencari bakat-bakat baru yang ada di Kabupaten ini khususnya di bidang Musabaqah dan Seni Nasyid sehingga nantinya diharapkan dapat membawa nama baik Kabupaten Sergai ditingkat Provinsi maupun nasional, ujar Soekirman.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan MTQ dan FSN ini akan membawa manfaat bagi masyarakat dibidang keagamaan, terutama bagi generasi penerus bangsa untuk menciptakan suasana dilingkungannya lebih religius sehingga dapat menangkis hal-hal yang bersifat negatif”, papar Bupati Soekirman.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman meminta kepada masyarakat yang ada disekitar replika Istana Sultan Serdang agar menjaga tempat ini, karena untuk mendapatkan daerah ini butuh perjuangan yang keras. Oleh karenanya Bupati Soekirman berpesan jadikan tempat ini sebagai tempat yang aman, kondusif, nyaman serta jadikan tempat melaksanakan kegiatan yang bersifat seni, pungkas Bupati Soekirman.

Sebelumnya Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST mengatakan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib berkat kerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Sergai. Kemeriahan kegiatan ini menandakan bahwa masyarakat Sergai mau perduli terhadap acara yang bersifat islami.

“Dengan demikian dapat diharapkan bagi masyarakat untuk melakukan terobosan-terobosan dalam melaksanakan kegiatan keagaman. Syahlan Siregar menghimbau kepada seluruh kades dan Lurah agar kegiatan program MTQ diadakan mulai dari tingkat Desa sehingga dapat menjaring bibit-bibit unggul”. kata Ketua DPRD.

Adapun pemenang diantaranya untuk Cabang MTQ golongan dewasa putra juara I diraih oleh Syaiful Fai (Kecamatan Sei Bamban), dan putri oleh Jasmani (Kecamatan Pantai Cermin), golongan remaja putra peringkat I diraih oleh Arief Umro (Kecamatan Perbaungan), remaja putri Ayu Arita (Kecamatan Perbaungan). Untuk cabang Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) golongan 1 Juz dan Tilawah Putra diraih Ahmad Tanthowi Shofa Siagian (Kecamatan Perbaungan), Tilawah Putri Qonita Syukro Parinduri (Kecamatan Pantai Cermin).

Selanjutnya cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) terbaik I diraih Kecamatan Dolok Masihul, cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) juara I oleh Kecamatan Sei Bamban, cabang Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) golongan naskah putra terbaik I diraih Gusri Yusra (Kecamatan Tebing Syahbandar), golongan naskah putri oleh Dewi Harianti (Kecamatan Tebing Syahbandar).

Sedangkan untuk cabang seni Nasyid golongan putra terbaik I disabet oleh kelompok Babus Salam (Kecamatan Tebing Syahbandar), terbaik II Inayah (Kecamatan Perbaungan), terbaik III Ar Rizal (Kecamatan Tebing Tinggi), untuk golongan Putri juara I kelompok Nurfadillah (Kecamatan Perbaungan), juara II Az Zahra (Kecamatan Tebing Syahbandar), juara III An Nisatun Jamilah (Kecamatan Tebing Tinggi).

Untuk Kafilah pawai ta’aruf terbaik I diraih Kecamatan Perbaungan, stand terbaik oleh Dinas Pendidikan, stand favorit diraih Dinas Kesehatan, stad produk terbaik Dinas Perindagsar, stand guide terbaik stand Dinas Kementrian agama Kabupaten Sergai, stand partisipasi terbaik dari Banten organizer.

Menurut laporan Ketua Panitia Drs. H. Haris Fadillah M.Si bahwa pelaksanaan MTQ dan FSN kali ini cukup tertib dan meriah ditandai dengan tingginya minat pengunjung yang hadir di lapangan ini untuk menyaksikan berbagai kegiatan seperti mengunjungi pameran pembangunan yang digelar oleh 17 Kecamatan, SKPD di lingkungan Pemkab Sergai, Kemenag serta UKM. (RB)

Check Also

Pasangan calon Walikota/wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. Syamsudin H. Amin MM dan Khairul Anwar SH MH.

Bila Terpilih, Paslon SAKA Akan Jalankan 5 Pilar Pembangunan

Langsa, sidaknews.com – Pasangan calon (paslon) Walikota dan wakil Walikota Langsa no urut 5, Drs. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>