Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Bupati Tebingtinggi Ajak Masyarakat Tanam dan Kembangkan Aneka Pohon

Bupati Tebingtinggi Ajak Masyarakat Tanam dan Kembangkan Aneka Pohon

Keterangan gambar : TANAM POHON “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM saat melakukan penanaman bibit pohon tualang di areal SMKN 4 yang merupakan bantuan BPDAS Wampu Ular”.
Keterangan gambar :
TANAM POHON “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM saat melakukan penanaman bibit pohon tualang di areal SMKN 4 yang merupakan bantuan BPDAS Wampu Ular”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunadi Hasibuan MM mengingatkan, saat ini pola penanaman yang cenderung homogen atau satu jenis pohon tertentu, belum mampu meminimalisir dampak pemanasan global, sehingga penganeka ragaman tanaman harus jadi program bersama.

“Mari kita bersama-sama mengembangkan aneka pohon sebagai tanaman dalam rangka kebijakan penanaman hutan kota”, ajakan itu disampaikan Walikota Tebingtinggi saat membuka ‘Gerakan Penanaman Hutan Kota dan Peresmian Prasasti Tanaman Arboterum (koleksi pohon), Kamis (26/2), di SMKN 4 Jalan Sofyan Zakaria Kelurahan Bagelen Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu Ular dengan Dinas Pertanian Kota Tebingtinggi itu dihadiri Kepala BPDAS Wampu Ular Muhammad Sofyan SE MSi, Kadis Pertanian Marimbun Marpaung, para pimpinan SKPD Pemko Tebingtinggi serta Danramil 013 Kapten Inf Solehan.

Walikota melanjutkan, sejak lama kearifan lokal yang ada di masyarakat telah mengajarkan kepada kita tentang keaneka ragaman hayati. Para pendahulu kita, selalu memberi nama kampung dengan menggunakan nama-nama tumbuhan yang banyak terdapat di kawasan itu.

Misalnya, kampung tualang, kampung durian, kampung jati, kampung nenas, atau kampung bulian. “Semua nama kampung itu diambil dari nama pepohonan, selain nama etnis. Di Tebingtinggi hal demikian juga banyak kita temukan,” ungkap Umar Zunaidi.

Dengan demikian, tambah Walikota, gerakan penanaman hutan kota melalui tanaman arboterum (aneka pohon) merupakan momentum membangun kembali kearifan lokal dari orang tua kita di masa lalu. “Tidak hanya SMKN 4 sebagai sekolah adiwiyata, kita minta semua sekolah dan SKPD melakukan kegiatan yang sama,” pinta Walikota.

Kadis Pertanian Marimbun Marpaung SP MSi mengatakan, kegiatan gerakan penanaman hutan kota melalui penanaman pohon arboterum bekerjasama dengan BPDAS Wampu Ular. Kota Tebingtinggi melalui SMKN 4 menerima bantuan 7.500 bibit pohon aneka jenis dan spesies terpilih, secara bertahap. “Pada tahap pertama diberikan 2.500 bibit pohon mahoni dan 5.000 bibit pohon berbagai spesies”, jelasnya.

Sedangkan melalui SMKN 4 yang menjadi sekolah pembina untuk sekolah adiwiyata lain, akan disalurkan pula 500 bibit pohon arboterum. Selain itu akan diberikan bantuan alat-alat pembuatan biopori, untuk 15 sekolah adiwiyata binaan SMKN 4.

Kepala BPDAS Wampu Ular M Sofyan SE MSi mengatakan, akan menyalurkan pula bantuan bibit pohon penghijauan berupa 20 ribu bibit pohon sengon, 5 ribu bibit pohon aren dan 5 ribu bibit pohon mangga. “Semua kita berikan bantuan mendukung gerakan penanaman arboterum ini,” ujarnya. (Hans)

Check Also

Jelang Ramadhan, Rumah Makan dan Tempat Hiburan di Bintan Ditertibkan

Bintan, sidaknews.com – Memasuki bulan suci Ramadan pemerintah daerah (Pemkab) Kabupaten Bintan. Satuan Polisi Pamong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *